Blog Konten Islam: SAAT KHUTBAH JUM'AT BOLEHKAH MENYURUH ORANG DIAM..?

Thursday 10 May 2018

SAAT KHUTBAH JUM'AT BOLEHKAH MENYURUH ORANG DIAM..?

SAAT  KHUTBAH JUM'AT BOLEHKAH MENYURUH ORANG DIAM..?

SAAT KHUTBAH JUM’AT, BOLEHKAH MENYURUH ORANG DIAM …? :
Di saat khatib sedang khutbah diatas mimbar, maka jamaah sholat jum’at harus diam. Batal sholat jamaahnya apabila berbicara. Bahkan, menyuruh orang lain dengan kata “Diam” saja, bisa membatalkan sholat jamaahnya.

Rasulullah bersabda “Jika engkau berkata kepada temanmu “Diamlah” di hari jum’at dalam keadaan imam sedang khutbah, maka engkau (sholat jum’atmu) sia-sia (HR.Muslim).

Hal ini menunjukkan bahwa segala bentuk ucapan yang mengalihkan dari mendengarkan khutbah dikategorikan sebagai laghw (sia-sia) seseorang hanya diperbolehkan memberi isyarat untuk mendiamkan orang lain.


MENGKONSUMSI ALKOHOL DAPAT MENGURANGI ASI:
Dalam artikel yang dimuat majalah Adv Exp Med Biol tahun 2000, Dr. Kaletzko Berthold mengatakan bahwa orang-orang Barat yang mengira bahwa minum alcohol dapat menambah produksi ASI, padahal, menurut dia hl ini justru salah. Kaletzko menyebutkan bahwa alcohol sangat berbahaya bagi ibu menyusui. Karena alkoholdapat mengurangi produksi ASI. Ia menyarankan kepada para ibu untuk banyak memakan gandum yang dapat memperbanyak volume produksi ASi.

KE DASBOR >>> "TAHUKAH ANTA"

TERBUNUHNYA AL-AKHNAS AKIBAT  PUKULAN DI HIDUNGNYA  :
Allah berfirman,”Kelak akan kami beri dia tanda di belalai (hidungnya)”. (QS.Al-Qalam : 16). Ayat ini turun terkait kisah seorang musuh islam terbesar dalam masanya, yaitu Al-Akhnas bin Syuraiq. Mukjizat ayat ini terletak pada penyebutan pukulan yang kelak menyebabkan kematiannya. Hal ini benar-benar terjadi. Dia terkena pukulan tepat dihidungnya pada saat perang Badar. Siapa yang bisa serinci ini menggambarkan kematiaan seseorang karena kena pukulan pada hidungnya saat perang…? Selain Allah swt.


BACA JUGA >>> "LARANGAN MENCABUT UBAN"


PREDIKSI RASULULLAJ SAW, ISLAM DAPAT MENAKHLUKKAN KONSTATINOPEL :
Imam Ahmad meriwayatkan hadits Rasulullah bersabda, “Kalian pasti akan bisa menakhlukkan Konstatinopel , rajanya dalah pemimpin yang terbaik dan pasukannya pun adalah pasukan terbaik”.
Abdullah berkata, “Aku dipanggil Muhammad bin Abdullah Malik, dia bertanya kepadaku dan aku mengabarkan hadits itu, diapun ikut berperang di Konstatinopel “. Allah telah mewujudkan apa yang Rasulullah kabarkan dan penakhlukkan negeri itu pun berhasil dilakukan oleh Muhammad sang penakhluk khalifah ketuju Bani Usman.

PRIDIKSI  AL-QURAN KEMENANGAN ROMAWI ATAS PERSIA
Allah berfirman, “Alif lam mim. Bangsa Romawi telah dikalahkan di negeri yang terdekat dan mereka sesudah dikalahkan itu akan menang daam beberapa tahun lagi “.

Ayat ini mempreiksi kemenangan Romawi atas Persia. Kala itu, kaum kafir menertawakan firman Allah itu. Betapa tidakRomawi waktu itu telah menderita kekalahan sedemikian hebat. Firman Allah swt itu akhirnya menjadi kenyataan. Sekitar tujuh tahun kemudian setelah turunnya ayat tersebut, pada Desember 627 Masehi, pasukanRomawi secara mengejutkan mengalahkan pasukan Persia.

RAHASIA  BESI MENURUT AL-QURAN
Dalam surat Al-Hadiid, yang berarti “besi”, kita diberitahu sebagai berikut, “Dan kami turunkan besi yang padanya terdapat kekuatan yang hebatdari berbagai manfaat bagi manusia “. (QS. 57:25).

Kata, “anzalnaa” yang berarti kami turunkan , khusus digunakan untuk besi dalam ayat ini, dapat diartikan secara kiasan untuk menjelaskan bahwa besi diciptakan untuk member manfaat bagi manusia. Api, secara harfiah,kata ini berarti secara bendawi diturunkan dari langit.

BACA JUGA >>> "MEMAHAMI MAKNA TAWAKAL"

PROSES  TURUNNYA HUJAN MENURUT AL-QURAN 
“Dialah Allah swt yang mengirimkan angin, lalu angin itu menggerakkan awan dan Allah membentangkannyadi langit menurut yang dikehendaki-Nya, dan menjadikan bergumpal-gumpal ; lalu kamulihat air hujan keluar dari celah-celahnya; maka, apabila hujan itu turun mengenai hamba-hamba-Nya yang dikehendaki-Nya , tiba-tiba mereka menjadi gembira “. (QS 30:48).

Semua tahapan pembentukan hujan telah diceritakan dalam ayat tersebut. Selain itu, tahap-tahap ini diceritakan dengan urutan yang benar. Sebagaimana fenomena-fenomena alam yang lain di bumi, lagi-lagi Al-Quran lah yang menjelaskan penjelasan yang paling benar-benar mengenai fenomena ini dan juga telah mengumumkan fakta-fakta ini kepada orang-orang pada ribuan tahun sebelum ditemukan oleh ilmu pengetahuan.


YUSUF HIDUP DIMASA KERAJAAN MESIR, BUKAN MASA FIR’AUN :

Al-Quran Surat Yusuf 50 menyebutkan bahwa para penguasa Mesir kuno dengan gelar fir’aun dank kalaitu disebut 74 kali.Namun, pada surat Yusuf tersebut, Allah tidak menyebutkan gelar Fir’aun tapi ‘Raja’ dan sudah diketahui bahwa nabi Yusuf as hidup di negeri Mesir. Pada akhir abad 19 seorang ilmuwan Perancis , Jean Francois Champollion , berhasil menemukan kunci rumus-rumus tulisan Hieroglif yang berhasil meruntuhkan kekuasan Fir’aun dan berkuasa pada tahun 1730 sampai 1850.

TEMPAT DUDUK LAKI & PEREMPUAN DIBIOSKOP JAKARATA DULU TERPISAH :

Pemisahan laki-laki dan wanita disuatu tempat ternyata tidak hanya di masjid atau Mushalla. Kini Bus trans Jakarta pun, tempat duduk laki-laki dan wanita dipisah demi keamanan kaum wanita. Nah, dulu di Jakarta , tempat menonton film di bioskop juga ternyata di pisah. Zainuddin HM, dalam buku kecilnya berjudul, “Nostalgia di Jakarta”. Menyebutkan bahwa bioskop-bioskop tempo dulu di Jakarta tempat duduk laki-laki dan wanita di pisah.

Hal ini didasarkan pada pertimbangan moral. Disamping itu, pemisahan tersebut juga mempunyai tujuan untuk member rasa aman kepada kaum wanita pada saat menikmati tontonan film. 







MINUM KOPI TERNYATA TRADISI KAUM SUFI DI YAMAN  :

Saat ini kopi, merupakan jenis minuman yang sangat digemari, baik oleh kaum pria maupun kaum wanita. Hampir semua warga dunia pernah meminum sajian khas tersebut. Tetapi, tahukah Anta  bahwa kopi ternyata pertama kali dibuat di Yaman sekitar abad ke 9. Pada awalnya kopi membantu kaum sufi agar tetap terjaga dalam ibadah di larut malam. Kemudian tradisi kaum sufi ini dibawa ke Kairo oleh sekolompok pelajar yang kemudian kopi disukai oleh seluruh kerajaan.

Pada abad ke 13 kopi menyeberang ke Turki , tetapi baru pada abad ke 16 ketika kacang mulai direbus di Eropa, kopi dibawa ke Italia oleh pedagang Venesia.



OPERASI BEDAH DIPERKENALKAN PERTAMA OLEH AL-ZAHRAWI :

Sekitar tahun 1000, seorang dokter , al-Zahrawi memplublikasikan  1500 halaman ensiklopedia berilustrasi tentang operasi bedah yang digunakan di Eropa sebagai refrensi media selama lebih dari 500 tahuntahun.

Diantara banyak penemu di dunia, Zahrawi yang menggunkan larutan usus kucing menjadi benang jahitan , sebelum menangani operasi kedua untuk memindahkan jahitan pada luka. Dia juga dilaporkan melakukan operasicaesar dan menciptakan sepasang alat cepit pembedahan





KRISIS DI ZAMAN KHALIFAH UMAR bin KHATAB:

Umat islam ternyata sejak dari dulu sudah tidak asing dengan krisis ekonomi.Setidaknya sejak zaman Rasulullah saw ada dua krisiseknomi besar yang pernah dicatat oleh buku sejarah isla. Pertama ketika umat islam di boikot oleh kaum Yahudi dalam masa awal penyebaran islam.

Kedua, pada masa kekhalifahan Umar bin Khatan. Krisis itu terjadi tepatnya pada tahun 18 Hijriah dan dijuluki sebagai “Krisis Tahun Ramdah” saat itu di daerah-daerah terjadi kekeringan yang mengakibatkan banyak orang dan binatang yang mati. Orang-orangpun banyak yang menggali lubang tikus untuk mengeluarkan apa yang ada didalmnya.



DOA QUNUT SHOLAT SUBUH SUNNAH MUAKKADAH :

Jumhur ulama’ berpenapat bahwa membaca doa qunut pada sholat subuh Hukumnya Sunnah Muakkadah. Nabi SAW dan para sahabat tidak pernah meningglakan membaca do Qunut pada setiap sholat subuh hingga akhir hayatnya.

Anas bin Malik raberkata, “Sesungguhnya Nabi Muhammad saw melaksanakan Qunut Nazilah sebulan penuh, kemudian beliau tinggalkan Qunut Nazilah tersebut , Adapun Qunut subuh beliau tidak pernah meninggalkan sampai akhir hayatnya.(HR.Baihaqi dan Daruquthny).

Dalam hadits dari Abu Hurairah ra. Diceritakan, Adalah Nabi saw, bila bangun dari rukukpada rakaat yang kedua dalam sholat subuh pada rakaat kedua beliau membaca do’a QunutAllahummahdinii Fiiman hadait wa-aafinii fiiman afait” (HR.Hakim).

RAHASIA ADZAN SHOLAT SUBUH :

Kenapa kalimat ; “Ash shalaatu khairum minan naum. Sholat iti lebih baik daipada tidur “.dibacakan pada saat adzan sholat subuh saja…?

Pada studi MILIS studi GISSI 2 dan studi-studi lain di luar negeri , mendapati sebuah kesimpulan jika puncak terjadinya serangan jantung sebagian besar dimulai padapukul: 0600 hingga pukul : 12.00. Pada pergantian waktu pagi buta (mulai pukul 3 dini hari).

Sampai siang itulah secara diam-diam berangsur naik, terjadi peningkatan andrenalin yang berefek meningkatkan tekanan darah dan penyempitan pembuluh darah (efek vasokontriksi) dan meningkatkan sifat agregasi trombosit (sifat saling menempel satu sama lain pada sel trombosit agar darah membeku) walaupun kita tertidur.


ANJURAN BERDOA DENGAN MENGANGKAT KEDUA TANGAN :

Dari Abu Musa Al-Asy’ari berkata,”Rasulullah saw berdoa kemudian beliau mengangkat kedua tangannya , dan saya melihat putih kedua ketiak beliau “. Dari Ibnu Umar erkata, “Rasulullah saw mengangkat kedua tangan beliau berdoa : “Ya Allah , saya berlindung dari-Mu atas  apa yang diperbuat Khalid “. (HR.BUkhari).Dari Anas dari Rasulullah bahwasannya beliau mengangkat tangan beliau sehingga saya melihat putih kedua ketiaknya “. (HR. Bukhari)

{ Berbagai Sumber}

Tri Yudiono Publishing https://blogkontenislam.blogspot.com - 10 mEI 2018

Share on :

No comments:

BUKIT SINAI, SAKSI KEKUFURAN BANI ISRAEL

BUKIT SINAI,   SAKSI KEKUFURAN BANI ISRAEL Dasbor Kisah Nabi" BUKIT SINAI, SAKSI KEKUFURAN BANI ISRAEL “Selaman...