Blog Konten Islam: PUASA TERBAIK UNTUK ANAK

Monday 28 May 2018

PUASA TERBAIK UNTUK ANAK

PUASA TERBAIK   UNTUK ANAK
TERBAIK   UNTUK ANAK
“ Orang tua mesti memperhatikan aspek-aspek medis agar puasa sang anak bisa maksimal memberi pengaruh positif kepada diri mereka ”

Amalan yang baik mesti diajarkan sejak dini terhadapa anak. Begitupun dengan puasa. Hampir semua ahli berbpendapat sangat baik mengajarkan pusa kepada anak karena karena puasa bisa meningkatkan hormone pertumbuhan anak dan mencerdaskan emosi anak. Namun ada pemahaman – pemahaman yang harus dipahami orang tua.

Dr. Eva J. Soelaeman, SpA, sebagaimana dilansir situs keluarga sehat.com menyebutkan pengajaran puasa diajarkan dengan terlebih dulu mengenalkan suasananya.Sejak usia 4 tahu, anak sudah bisa diajarkan berpuasa walau sebentar saja sekitar 3-4 jam saja. Kalau terlalu lama sehari penuh selama satu bulan penuh, justru akan mengganggu kesehatannya dan pertumbuhan anak. Sebab cadangan lemak anak masih sedikit belum cukup mempunyai cadangan lemak.

Kondisi kesehatan anak juga mesti dipanatau. Supaya kondisi tubuh prima, sebaiknya dimalam hari anak tidur lebih awal dan jangan samapai anak melaksanakan puasa tanpa makan sahur. Menaham lapar memiliki konskwensi positif dalam hal pengendalian diri dan emosi. Puasa juga terkait dengan amal yang bisa meningkatkan kecerdasan sosial anak memacu energy positif dalam hidupnya.

Dr. Widodo Judarwanto, SpA dari Rumah Sakit Bunda Jakarta menyebut, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan orang tua terkait puasa anak. Ia menyebut ada aspek psikologis anak yang harus diperhatikan. Aspek perkembangan psikologis adalah perkembangan emosional perkembangan
moral dan perilaku. Aspek biologis adalah aspek psikologis tubuh, metabolism tubuh, kemampuan fungsi organ dan system tubuh.

Baca Juga "Amalan untuk mendapatkan Lailatul Qadar"
Baca Juga :"Ciri-ciri datangnya lailatul Qadar"

Mengingat fungsi psikologis anak berbeda dengan orang dewasa, maka harus dicermati pengaruh puasa terhadap anak. Pengaruh negative yang harus diwaspadai adalah berkurangnya jam tidur anak. Saat bulan Ramadhan, aktivitas anak biasanya bertambah dengan kegiatan sholat tarawih , makan sahur atau kegiatan pesantren kilat, pondok Ramadhan. Bila jam tidur ini berkurang akan mempengaruhi keseimbalangan fisiologi tubuh yang sebelumnya sudah terbentuk. Jadi jam tidur dan istirahat anak harus diperhatikan agar terpenuhi dengan baik.

Asupan gizi juga mesti diperhatikan. Parameter yang paling mudah untuk melihat asupan kalori cukup adalah dengan memantau berat badan anak. Bila berat badan anak tetap atau meningkat mungkin puasa dapat dilanjutkan. Api bila berat badan menurun drastic dalam jangka pendek sebaiknya puasa ditunda dulu.

Demikian pula dengan jenis asupan gizi yang diterima. Variasi dan jumlah makanan yang didaptkan saat blan puasa akan berbeda dengan sebelumnya. Saat bulan puasa variasi makanan yang tersdia biasanya lebih banyak. Pada penderita pada penderita alergi pada jenis makanan tertent harus diwaspadai karena dapat berpengaruh terhadapgangguan kesehatan.

Jika anak menderita penyakit infeksi akut (batuk,pilek,panas), infeksi kronis 9tuberkulosis), penyakit bawaangangguan metabolism, jantung , ginjal, kelainan darah, sebaiknya tidak berpuasa dulu.

Orang ta mesti memperhatikan hal-hal tersebut diatas agar pengajaran puasa pada anak bisa maksimal. Nilai-nilai kesehatan, spiritual, mental dan ibadah dalam puasa mesti dikenalkan dengan sabar dan bertahap. Orang tua juga mesti memotivasi anak dengan kreatif. Intinya, puasa itu amalan yang baik dan orang tua mesti mengenalkannya dengan baik pula agar anak bisa mengenal dan memahami akan arti puasa yang sebenarnya baik dalam arti sempit maupun dalam arti luas agar anak kelak dapat tumbuh dengan jiwa, rohani dan jasmani yang sehat sesuai dengan apa yang diharapkan oleh orang tua tentunya.

Yang pada dasarnya puasa sedikit banyak juga menanamkan sebuah kedisiplinan dan kejujuran pada diri anak salah satu ritualitas yang tidak bisa dipungkiri, bahkan kejujuran pada diri sendiri yang sedikit demi sedikit akan dapat membangun karakter anak yang jujur dan disiplin. Semoga apa yang diharapkan orang tua muslimin bisa terwujud dengan menanamkan kebiasaan dan ritunitas dengan segala kegiatannya yang ada pada bulan Ramadhan yang penuh dengan berkah dan maghfiroh ini. Amiiiin

ZAKAT FITRAH DENGAN UANG
Prinsip utama zakat fitrah adalah untuk memberikan santunan kepada orang miskin supaya ikut bergembira pada hari raya. Jelasnya, supaya tidak ada yang kelaparan di hari Idul Fitri. Memang dasar awalnya harus bahan makanan pokok setempat. Kalau dimekah gandum, kalau di Indonesia ya beras, mungkin beda tempat juga beda makanan pokoknya

Tapi kemudian ada pendapat bahwa uang bisa menggantikan barangnya karena nilainya sama. Bahkan dengan uang , lebih leluasa bagi penerima zakat fitrah menggunakan sesuai dengankebutuhannya. Dan zakat fitrah berupa uang yang senilai ini sudah umum di Indonesia, tetapi, memang yang afdhal menggunakan barang kebutuhan pokok.

Fenomena mengganti dengan uang ini merupakan ijtihad ulama’.pada masa Rasulullah saw tidak pernah ada kasusnya dan mungkin pada masa Khulafaurasyidin juga belum ada. Barulah pada perkembangan dunia yang sudah sedemikian rupa sehingga uang sudah menjadi utama, muncul pembicaarn uang sebagai zakat fitrah. Namun catatannya adalah uang itu mesti sesuai dengan harganya (sudah memenuhi kewajiban berzakat fitrah).

Tapi jika ragu lebih baik menggunakan makanan pokok setempat lebih aman, jika ingin menambah pahala dan ingin berbagi tidak ada salahnya kita bisa menggunakan uang kita untuk sodaqah alangkah lebih mulyanya dan lebih berpahala apalagi di Bulan Ramadhan menyenangkan orang  agar si miskin di hari raya Idul Fitri bisa merasakan kegembiraanya.

Pemberian zakat fitrah bisa dimulai dimalam terakhir bulan Ramadhan. Kendati demikian bila orang ingin lebih awal menunaikannya (ta’jil) tetap dibolehkan. Tetapi konskwensi zakat fitrah ta’jil jika muzakki meninggal sebelum waktu wajib zaat fitrah (sebelum terbenamnya matahari di akhir Ramadhan), maka si penerima harus mengembalikan yang di ta’jilkan itu.

Batas akhir penunaian zakat fitrah adalah menjelang sholat Id. Jika melewati waktu itu karena ada kesengajaan, maka statusnya adalah sebagai sedekah biasa. Akan tetapi tetap berdosa mengingat tidak menunaikan zakat fitrahnya sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Lain kalau kelupaan (artinya bukan disengaja) belum membayar fitrahnya, ia tetap mempunyai kesempatan menunaikan begitu mengingat bahwa belum menunaikan zakat fitrah di hari itu. Sama seperti orang lupa belum menjalankan sholat, begitu mengingatnya langsung mengqadhanya. Sebab dalam Al-Quran sendiri juga menyetir tentang doa bagi orang yang lupa agar Allah tidak menghukum, “….Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hokum kami jika kami lupa atau kami tersalah..” (QS. Al-Baqarah : 286)  .

ZAKAT BAGI PENGHASILAN TIDAK TETAP
Perhitungan untuk zakat dengan penghasilan tidak tetap dihitung pada akhir tahun.Artinya kalau pada akhir  tahun , totalpendapatannya dalam satu tahun itu sudah mencapai nisbah – maka harus dikeluarkan. Tidak bisa seperti gaji bulanan yang pendapatannya tetap dan bisa dicicil zakat profesinya setiap bulan. Zakatnya nanti 2,5%.
Memang harus dikeluarkan bila sudah mencapai nishab karena tabungan itu atas nama anda. Karena andalah yang mempunyai uang tersebut. Sedangkan anak istri itu memang nafkah wajib, itutanggungjawab pribadi. Uang didalam tabungan itu tidak bisa dipilah untuk Anda maupun anak-anak Anda karena tabungan itu memang atas nama Anda. Nishabnya mengikuti emas dan zakat yang harus dikeluarkan adalah 2,5%

HUKUM MENINGGALKAN PUASA RAMADHAN BAGI PEKERJA BERAT
Allah swt berfirman “.Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, yaitu memberi makan seorang miskin. Barang siapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya.Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahuai “. (QS.Al-Baqarah :184). Tafsir ayat tentang ayat ini dizaman Rasulullah saw adalah orang-orang yang tua renta ; nah mereka yang sudah tidak lagi sanggup menjalankan puasa Ramadhan (karena fisik dan usianya renta) boleh menggantinya dengan fidyah.

Seiiring perkembangan , sebagian ulama’ pun menfatwakan bahwa orang-orang yang bekerja keras, seperti pekerja di pertambangan dibawah tanah – di Indonesia sendiri juga pernah ada pembicaraan seperti tukang becak dan sejenisnya – dibolehkan tidak beruasa tetapi diganti dengan membayar fidyah. Besarnya fidyah sama dengan fidyah biasa, yakni 1 1 hari setara dengan memberikan satu orang miskin.

Namun kemudian, terdapat khilafah diantara ulama : pendapat pertama,cukup menggantinya dengan fidyah sejulah hari yang ditinggalkan dan pendapat kedua mengharuskan mengganti dengan puasa sejumlah hari yang ditinggalkan di luar bulan ramadhan.

( Berbagai Sumber )

Wallahu ‘alam Bhisawab Tri Yudiono Publishing https://blogkontenislam.blogspot.com - 29 Mei 2018

Share on :

No comments:

BUKIT SINAI, SAKSI KEKUFURAN BANI ISRAEL

BUKIT SINAI,   SAKSI KEKUFURAN BANI ISRAEL Dasbor Kisah Nabi" BUKIT SINAI, SAKSI KEKUFURAN BANI ISRAEL “Selaman...