Blog Konten Islam: REMAJA & KEBIASAAN BOHONG DI MEDSOS

Saturday 5 May 2018

REMAJA & KEBIASAAN BOHONG DI MEDSOS

REMAJA & KEBIASAAN  BOHONG DI MEDSOS

REMAJA DAN,  KEBIASAAN  BOHONG  DI  MEDSOS

“Menolak Mafsadat didahulukan darpada mengambilmanfaat “.


Sebelumnya, penulis akan mengisahkan secuil cerita di layar kaca kita. Dalam acara Rumah Uya Kuya yang tayang di salah satu stasiun televise pada hari Rabu, 16 Desember 20015 lalu ada seorang remaja bernama fikri yang hendak meminta maaf kepada pacarnya, ibunya dan teman-temannya.

Permintaan fikri disadari oleh kelakuannya yang selama ini selalu bohong kepada mereka. Yang utama adalah berbohong kepada pacar. Pacar Fikri bernama Putri. Fikri memperkenalkan dirinya seorang pembalap motor kepada Putri mereka berkenalan lewat Facebook.

Baca Juga.."Melindungi Anak dari Bahaya Teknologi"

Dalam medsos itu fikri memperkenalkan diri sebagai pembalap motor sukses mengelabuhi Putri sang pacar dalam dunia Cyber (maya). Dia Fikri juga mengatakan bahwa ia sering keluar negeri mengikuti perlombaan.

Untuk meyakinkan si cewek ia pun mengubah profil picturenya dengan lelaki lain yang lebih ganteng dan keren.Si cewek terpesona dengan wajah ganteng dan keren yang tak lain hanya tipuan belaka.

Akhirnya mereka pun bersepakat untuk pacaran melalui jejaring sosial atau medsos (Facebook). Hingga Fikri muncul di acara yang dipandu oleh Uya Kuya itu mereka sudah berpacaran selama tiga bulan. Selama itu mereka tidak bernah bertemu darat alias bertatap muka langsung.

Sehingga wajah asli Fikri belum pernah dilihat langsung oleh sang cewek (Putri). Yang lucu setiap kali Putri minta untuk bertemu , Fikri selalu beralasan sibuk. Bahkan , ketika Putri menelpon Fikri yang mengangkat adalah temannya yang punya suara lebih seksi dan berwibawa, “Saya tidak percaya diri dengan suara saya sendiri Mas Uya,” ujar Fikri ketika ditanya oleh Uya.

Singkat kata Fikri benar-benar berhasil menakhlukkan cewek berwajah cantik dan manis tersebut. Di mata wanita itu Fikri adalah sosok lelaki idamannya.

Pokoknya kalau ketemu Fikri, Putri tak ingin membuatnya kecewa. Segala kekurangan yang ada pada Fikri ia sudah pasti mau menerimanya. Akhirnya merekapun dipertemukan oleh tim Rumah Uya atas inisiatif Fikri yang mau berkata jujur.

Awalnya Fikri datang terlebih dulu tidak lama kemudian Putri yang datang. Namun Fikri sembunyi dulu ke ruangan dalam karena ia juga ingin mengetahui dari sana apakah wajah Putri memang asli seperti yang dikenalkan lewat Fcebook.

Ketika datang, wajah manis Putri mengejutkan Uya Kuya. Dengan kekonyolan Uya pun sempat menggoda Putri. Dan Putri pun menimpalinya dengan senyuman.

Tetapi, itu hanya lucu-lucuan Uya Kuya saja yang memang senang menggoda wanita-wanita cantik yang menjadi bintang tamunya. Singkat kata, Putri ditanya banyak oleh Uya KUya soal pacaran Putri bahwa ia sudah punya pacar yang dikenalnya lewat Facebook.

Hanya saja mereka itu selama ini tidak pernah bertemu, tetapi Putri sangat mencintai lelaki itu.”Dia ganteng mas Uya. Untuk masa depan tampaknya cukup menjanjikan “, ujar Putri memberikan alasan.

Beberapa jurus kemudian wajah putri terkejut saat akan diberitahu bahwa lelaki yang dicintainya lewat Facebook itu akan datang. Sebab, saat itu ia tahunya hanya diundang saja oleh Trans, tidak tahu kalau akan dipertemukan oleh pacar media sosial nya itu.

“Masa sih Mas Uya !”, ujar putri dengan wajah menampakkan keterkejutannya. Putri terkejut karena tidak siap dengan kondisinya yang belum berdandan. Karena itu ia minta kepada Trans untuk makeover dulu. Jadilah ia pun didandani.

Ditempat lain Fikri pun ikut didandani setelah itu Putri kembali ke tempat semula. Maka dimulailah pertemuan dua sejoli pasangan Dunia Cyber (dunia maya) yang sama sekali belum pernah bertemu langsung (tatap muka) yang sedang dimabuk asmara itu.

Namun mata Putri ditutupi terlebih dahulu, dengan kain hitam berbentuk kacamata. Tidak lama kemudian sang arjuna datang. Fikri pun duduk disamping kanan Putri.

TampakPutri sedikit gugup karena tidak lama lagi ia kan bertemu pacarnya Facebook yang selama ini dinanti-nanti. Setelah itu Putri diberikan kesempatan oleh Uya Kuya untuk berbicara.

Inti pembicaraannya ia minta maaf jika kondisi aslinya tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Sebaliknya ia akan menerima segala kekurangan yang ada pada Fikri. Penonton pun tertawa terbahak-bahak.

Kembali ke Dasbor >>>"EDUCASI ISLAM"

Putri sempat curiga dengan kondisi ini, namun Uya berhasil menetralisir keadaan. Mata Putripun mulai dibuka. Saat ia melihat sosok lelaki yang ada disampingnya ia tak percaya kalau yang dilihatnya itu adalah sosok Fikri yang dikenalnya di Facebook.

Sebab Fikri yang dikenalnya di Facebook bukanlah berwajah seperti itu. Putri bersikukuh bahwa sosok yang dikenalnya di facebook, lelalki gagah, ganteng, keren, sementara apa yang dilihatnya saat itu lelaki jauh seperti apa yang dilihatnya di facebook (bahkan berkulit hitam).

Ia pun spontas segera melepas genggaman tangannya dari Fikri. Ia menghindari Fikri saat Fikri mendekatinya dan memastikan bahwa dirinya itu Fikri.

Putri bertanya pada Uya, “Siapa sih dia mas Uya..?”.
“Tanya saja sama dia, ujar Uya sambil tertawa”.

Fikri terus meyakinkan dirinya bahwa ia adalah Fikri yang dikenalnya di facebook dengan Profile Picture-nya yang diubah. Namun Putri sangat kecewa karena tidak sama dengan apa yang dilihatnya di facebook ia telah merasa dibohongi.

Ia pun menjadi sakit hati kepada Fikri. Bahkan saat Fikri berusaha memegang tangannya kembali untuk meminta maaf atas kelakuannya selama ini yang telah membohongi dirinya, Putri langsung menepisnya.

Putri berubah sangat membenci Fikri. Matanya berkaca-kaca ternyata selama ini ia telah dibohongi. Ia sangat kecewa sehingga terlontar dari mulut Putri tidak akan pernah memaafkannya hingga hari kiamat.

Wanita itu pun pergi dari acara dengan membawa sejuta kekecewaan yang mendalam.Sementara Fikri bingung karena keinginannya minta maaf belum sempat dikabulkan oleh Putri.

Kini, tinggal penonton yang menertawakan kekonyolan Fikri.Sebab, setelah itu persoalan tak terhenti sampai disitu. Ada lagi orang lain yang harus dimintai maaf oleh Fikri, yaitu ibu dan temannya.

Namun tulisan ini tidak sedang membahas orang tua Fikri dan teman-temannya. Tulisan ini lebih menyoroti gaya anak remaja dengan segala kehidupannya di dunia Medsos saat ini yang tak sungka-sungkan memalsukan indentitas dirinya dengan profile orang lain.

Demi untuk mendapatkan pacar idaman di media sosial (atau dunia Cyber). Yang akhirnya aum hawalah yang banyak menjadi korbanya dan bahkan lebih dari itu bisa berkahir tragis.

Dari kisah Fikri dan Putri  diatas banyak pelajaran yang kita petik, khususnya untuk para remaja :
1.  Berlakulah untuk selalu jujur dimedia sosial. Apa sih untungnya berbohong di media sosial hanya untuk mendapatkan sang pacar idaman ?. Kalaupun Anda berhasil berkenalan dan menakhlukkan wanita cantik dengan identitas palsu itu sifatnya hanya semu apalagi dunia maya pun juga semu tak ad untungnya sama sekali. Suatu saat pasti akan ketahuan.

Dan apalagi jika kalian bertemu nah disitulah rahasia Anda akan terbongkar. Jika tujuan Anda hanya untuk kepuasan saja ini juga tidak ada manfaatnya. Anda sama saja telah menyakiti orang lain., terutama wanita yang menjadi korbanmu Ketika Anda berbohong saja, Anda sudah berdosa. Apalagi Anda telah menyakiti orang lain akibat ebohongan Anda, dosa Anda berlipat ganda.

Dalam islam berbohong adakalanya diperbolehkan seperti berbohong untuk memperbaiki kemelut rumah tangga dan sejenisnya (makruh) , berbohong untuk menakut-nakuti usuh islam dalam suatu peperangan (sunnah), berbohong untuk menyelamatkan jiwa muslim (wajib) dan berbohong untuk mendamaikan persengkataan ditengah masyarakat ( mubah).

Namun berbohong yang dilakukan kisah diatas sama sekali tidak masuk dalam kritiria anjuran islam yang saya sebutkan. Karena itu apa-apa yang dilakuakn oleh Fikri terhadap Putri adalah sangat dicela oleh Islam.


2.  Jangan terlalu aktif di Media Sosial. Memang hidup anak remaja masa kini tiak terlepas dari penggunaan media sosial. Ada facebook, twiter, Instagram dan sebagainya. Semua media sosil itu begitu mudah digunkan dan gratis lagi. Jika tujuannya untuk berdakwah , kepentingan kemanusiaan, dan kemajuan bangsa, sah-sah saja manfaakan media sosialdan bahkan lebih dari itu bisa mendatangkan rha dan pahala dari Allah swt.

Namun apa yang dilakukan oleh anak remaja masa kini ..?. Tak lain memanfaatkan media sosial untuk saling curhat, mengumbar dan membuka aib , memfitnah, melecehkan dan sebaginy, jika sudah begitu, maka penggunaan media sosial untuk anak remaja masa kinilebih banyak madharatnya disbanding manfaatnya.

Dalam kaidah Ushul fiqih disebutkan bahwa,” menolak mafsaat didahulukan dari pada mengambilmanfaat “. Media sosialmemang ada manfaatnya , namun karena sering digunakan untuk hal-hal yang kurang bermanfaat an bahkan hal melanggar ajaran agama oleh anak-anak remaja kita maka menghindari media sosial adalah jalan yang terbaik. Inilah jalan yang dicintai oleh ulama’ jalan yang disukai oleh Allahswt.

Ke Dasbor >>>"Rahasia Illahi 2"

Untuk para remaja kita, Ariflah dalam menggunakan Media Sosial… Janganlah Anda gunakan untuk hal-hal yang kurang bermanfaat. Apalagi jelas-jelas jika dipakai untuk mendapatkan pacar idaman, apalagi tindakan kriminal dan lain sebagainya dengan modus memalsukan identitas Anda. Maka sebaiknya anda siap-siap berusaha untuk tidak mendekati media sosial jiak tidak ingin Anda menabung dosa yang lebih besar.

Khusus untuk para remaja wanita (karena biasanya paling paling dirugikan para wanita) sebaiknya kalian lebih berhati-hati lagi apakah dia benar-benar laki-laki yang baik atau bukan, dan harus pandai memilih teman di medsos serta piawai dalam hal menganalisa orang asing yang belum pernah kita kenal di dunia Cyber.

Apakah orang itu baik atau tidak, lebih dari itu, Anda harus jeli melihat dan menaganalisa nya orang itu memakai identitas palsu atau tidak..?. dengan gaya bicaranya yangdiwakili dengan tulisan paling tidak kita harus berhati-hati dengan siapa saja yang kita belum kenal betul di dunia medsos (Cyber Space).

Jangan pasrahkan kehormatan Anda dengan lelaki apalagi dengan lelaki yang baru dikenalnya. (kecuali kepada suami). Sebab banyak sekali wanita remaja dan bahkan wanita bersuami pun bisa jadi korbannya kalau kita tidak pandai-pandai mengambil manfaat dari dunia medsos ini.

Banyak sekali kita dengar penipuan lewat dunia medsos, Berpikirlah dulu sebelum bertindak dan memutuskan persoalan dari pada menyesal kemudian tidak ada guna. Dan jauh yang lebih penting lagi kuatkan Iman dekatkan diri kepada Allah swt ini benteng yang paling kuat untuk menghindari godaan-godaan yang ada dalam medsos tersebut.

Semoga kita dijauhan dari tindakan-tindakan yang menjerumuskan kita dan menjauhkan diri kita dari Allah,dan melanggar larangan-Nya Amiiin..

Wallahu ‘alam Bhisawab

Tri Yudiono Publishing https://blogkontenislam.blogspot.com - 6 April 2018

Share on :

No comments:

BUKIT SINAI, SAKSI KEKUFURAN BANI ISRAEL

BUKIT SINAI,   SAKSI KEKUFURAN BANI ISRAEL Dasbor Kisah Nabi" BUKIT SINAI, SAKSI KEKUFURAN BANI ISRAEL “Selaman...