Blog Konten Islam: BAGAIMANA NABI ADAM DAN SITI HAWA BERPUASA....?

Tuesday 15 May 2018

BAGAIMANA NABI ADAM DAN SITI HAWA BERPUASA....?

BAGAIMANA   NABI ADAM DAN SITI HAWA BERPUASA....?

BAGAIMANA NABI ADAM DAN SITI HAWA BERPUASA? :
Ada banyak pendapat ulama’ bagaimana Nabi Adam berpusa;
1.  Adam berpuasa selama selama tiga hari setiap bulan sepanjang tahun.
2.  Adam berpuasa pada tanggal 10 Muharam sebagai rasa syukur karena bertemu dengan istrinya, Hawa di Arafah.
3.  Nabi Adam berpuasa sehari semalam pada waktu dia diturunkan dari taman surga oleh Allah swt.
4.  Adam berpuasa 40 hari 40 malam setiap tahun.
5.  Aam berpuasa dalam rangka mendoakan putra – putrinya.
6.  Adam berpuasa pada hari jumatuntuk mengenang peristiwa penting, yakni dijadikannya dia oleh Allah swt, haru diturunkannya ke bumi, dan diterimanya taubat Adam oleh Allah swt.
PUASA NABI YUNUS DIDALAM PERUT IKAN:
Puasa juga dilakukan oleh para Nabi sebelum Nabi Muhammad saw , salah satunya adalah Nabi Yunus as. Dia berpuasa dari makan dan minum saat berada dalam perut ikan besar selama beberapa hari. Kemudian berbuka puasa setelah dimuntahkannya kembali dari dalam perut ikan itu. Unturk berbuka, dikisahkan bahwa ia memakan buah semacam labu yang tumbuh di tepi pantai. Nabi Ayub berpuasa pada waktu ia hidup dalam serba kekurangan dan menderita penyakit selama bertahun-tahun sampai akhirnya penyakitnya dan cobaannya diangkat oleh Allah swt.

PUASA BERBICARA YANG DILAKUKAN SITI MARYAM  :
Ibadah puasa sejatinya tiak hanya dilakukan secara jasmani, tapi juga dengan ruhani. Salah satunya adalah dengan tidak banyak bicara. Yang dimaksud tidak banyak bicara adalah, berbicara hanya untuk sesuatu yang bermanfaat saja dan membawa nilai ibadah dan sedekah.

Berbicara bila tidak ada manfaatnya lebih baik diam. Seperti yang dilakukan oleh Siti Maryam. Puasa berbicara dilakukan oleh Siti Maryam yang terekam dalam (QS. Maryam :28-29).Kala itu kalangan Bani Israel tersiar desas desus mengenai kelahiran anak Siti Maryam, yakni Isa Al-Masih. Lalu Allah memerintahkan Siti Maryam melalui Malaikat Jibril untuk berpuasa berbicara. Ia pun menjalankan perintah Allah itu

NOT NADA LAGU TERNYATA BERASAL DARI HURUF ARAB :
Darimana asal mula not nada…?. Sarjana barat maupun Timur mengakui bahwa orang Arablah yang memperkenalkan not-not do-re-mi-fe-sol-la-si. Bunyi – bunyi itu diambil dari huruf-huruf Arab : dal, ra, mim, fa, shad, lam, dan sin. Adalah hasan bin Nafi’ yang lebih dikenal dengan Ziryab yang mula-mula menemukannya. Ia seorang maula dari Irak, murid Ishaq al-Maushuli, seorang musisi dan biduan kenamaan di istana harun Ak-Rasyid.Ziryab tiba di Cordova pada tahun pertama pemerintahan Abd al-Rahman II-Ausath. Ia pula dikenal sebagai peletak dasar music Spanyol modern.

JUMLAH PENYEBUTAN PRIA DAN WANITA DALAM AL-QURAN SAMA  :
Beberapa ayat didalam Al-Quran menggambarkan pentingnya persamaan hak antara pria dan wanita (secara perhitungan matematik). Kata “Pria dan “wanita” di dalam Al-Quran sama-sama berjumlah 24. Dr. Tariq AlSwaidan mengungkapkan bahwa meskipun ha ini masuk akal secara tata bahasa , namun fakta yang luar biasa adalah bahwa jumlah penyebutan kata pria dan wanita jumlahnya sama-sama berjumlah 24, oleh karena ungkapan ini membenarkan pengertian secara tata bahasa namun juga secara mate matis dan ini juga meruntuhkan persamaan hak anatar pria dan wanita yang di perjuangkan kartini jauh sebelum Kartini lahir Al-Quran sudah berbicara persamaan hak antara pria dan wanita.
Baca Juga "Rahasia Anggaran Keuangan Muslim"
Al-QURAN ADALAH BUKU TERLARIS DI BENUA EROPA :
Meskipun gendering perang terhadap kesucian islam ditabuh secara meluas di Negara-negara Eropa, baik secara personal, maupun lembaga, terutama terhadap kesucian Al-Quran, yang terbaru adalah film “Fitna” di Belanda, namun penodaan itu tidak berpengaruh terhadap orang-orang di Barat untuk membaca dan menelaah Al-Quran. Al-Quran tetap menjadi buku terlaris di Erop. Surat Kabar di Belanda , De Telegraf, mengatakan bahwa penggunaan mushaf Al-Quran elektronik meningkat tajam , sebagai bukti perhatian mereka terhadap Kitab Suci Umat Islam.Merka juga menolak penodaan terhadap Islam dan umatnya.

ALABANIA, NEGARA DI EROPA YANG MAYORITAS PENDUDUKNYA MUSLIM :
Albania merupakan Negara satu-satunya di benua Eropa yang 70% penduduknya beragama islam. Albania adalah sebuah Negara yang terletak di Eropa bagian Tenggara. Penduduk Albania merupakan keturunan non – Slavia , kelompok suku non Turki yang dikenal sebagai Illyria, yang datang di Balkan sekitar 2000 SM. Penduduk Albania modern tetap membedakan antara Gheg (suku utara) dan Tosk (suku selatan). Perkiraan jumlah penduduk Albania yaitu 3.195.000 jiwa. Menurut CIA World Factbook, 70% penduduk Albania memeluk Islam , 20% Orthodoks, dan 10% Katolik Roma.
Baca Juga "Keajaiban Sedekah Pak Komar"

HARAMNYA MENGKONSUMSI HEWAN BERTARING :

Adalah haram mengkonsumsi daging hewan bertaring.  Hal ini berdasarkan hadits Nabi saw yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Muslim. Binatang bergigi taring diantaranya adalah kucing, macan, ular, buaya dan sebagainya. Ternyata secara medis , binatang tersebut tak baik untuk kesehatan. Menurut drh Husnul Hamdi, seorang dokter hewan ,binatang bertaring umumnya mengkonsumsi bangkai hewan. Ini berefek tidak baik untuk tubuh manusia  karena hal itu akan mudah menularkan berbagai jenis peyakit .


HALALNYA DUA JENIS BANGKAI DAN DARAH  :

Abdullah bin Umar mengatakan bahwa Rasulullah saw telah bersabda, “Telah dihalalkan untuk kami (orang islam)  dua macam bangkai dan darah. Adapaun dua bangkai itu yaitu bangkai belalang dan ikan. Adapun dua darh maka itu adalah limpa dan hati (HR. Ibnu Majah dan Ahmad). Hadits ini dapat dijumpai dalam Kitab Bulughul Maram Min Adillatil Ahkam. Hadits ini juga diperkuat sejumlah pendapat ulama fiqih bahwa semua yang ada dilaut hukumnya halal, termasuk ikan yang sudah mati atau bangkai ikan..


ILMU ISLAM PERNAH MELAMPAUI BARAT DAN CHINA :

Toby E Huff dalam buku The Rise of Early Modem Science menyebutkan tentang keberhasilan umat islam dalam bidang ilmu pengetahuan. Dia mengatakan bahwa dari abad kedelapan hingga akhir abad keempat belas , ilmuwan pengetahuan Arab (islam) barangkali adalah sains yang paling maju di dunia, yang jauh melampaui Barat dan China. Hal ini menunjukkan prestasi ilmiah umat Islam yang sangat gemilang di berbagai ilmu pengetahuan , ilmu sosial, maupun ilmu eksakta.

PERINGATAN SAAT NONGKRONG DI PINGGIR JALAN :

Abu Said Alkhudri mengatakan bahwa Rasul bersabda, “Berhati-hatilah kamu dari duduk-duduk di pinggir jalan”. Sahabat bertanya, “Ya Rasulullah kami tidak dapat meninggalkan tempat duduk-duduk kami bercerita-cerita ngobrol , maka sabda Nabi saw, “Adapun jika kamu tidak dapat meninggalkannya, maka berilah hak jalan itu ;, Sahabat bertanya, “Apakah haknya..?”. Jawab Nabi saw, “Memejamkan mata , menahan gangguan, menjawab salam, menganjurkan kebaikkan, dan mencegah kejahatan (HR. Bukhari dan Muslim).

HUSNU DZHAN DAPAT MENCEGAH GEJALA STRES :

Dr.Barnard, Penulis buku 50 ways to a Healty Heart, menyebutkan bahwa selalu berfikir positif kepada Tuhan adalah cara mencegah agar seseorang terhindar dari gejala stress. Sebab, kalau seseorang berpikir negative, Maka, ia akan mudah terkena stress ketika mendapat tekanan persoalan. Apapun yang menimpa seorang hamba pada hakikatnya adalah untuk kebaikkan dirinya. Dimata manusia, Ujian mungkin dipandang sebagai ketidak berpihakkan Tuhan padanya. Padahal dimata Allah itu untuk kebaikan dirinya bahkan lebih dari itu sebuah proses pendewasaan diri dan dalam mengadapi hidup dan juga proses seseorang akan dinaikkan derajatnya oleh Allah swt.

RAHASIA ADZAN SHOLAT SUBUH :

Menceritakan rahasia bersetubuh dengan istrinya kepada orang lain ternyata mendapat kecaman keras dari Alla swt. Sebuah riwayat hadits dari Abu Sa’id Alkhudri mengatakan bahwa Rasulullah saw bersabda, “Sesungguhnya sejahat-jahatnya manusia disisi Allah pada hari kiamat adalah lelaki yang berkumpul (bersetubuh) dengan istrinya juga wanita-wanita yang berkumpul dengan suaminya kemudian membuka rahasia persetubuhan itu (pada orang lain)”. (HR.Muslim).

HARAMNYA RAMBUT DAN TAHI LALAT PALSU :

Membuat rambut palsu dan menyambungnya dengan rambut palsu sangat dilarang oleh Nabi Muhammad saw. Bahkan Nabi akan melaknat perbuatan tersebut. Begitu juga dengan membuat tahi lalat palsu. Keduanya adalah perilaku yang diharamkan oleh Allah swt dan merupakan perbuatan syetan. Soal ini Ibnu Umar mengatakan bahwa Nabi Muhammad saw telah melaknat orang-orang yang menyambung rambutnya dengan rambut palsu serta melaknat wanita yang membuat tahi lalat palsu dengancara apapun (HR. Bukhari dan Muslim)

{ Berbagai Sumber}
Tri Yudiono Publishing https://blogkontenislam.blogspot.com - 15 Mei 2018

Share on :

No comments:

BUKIT SINAI, SAKSI KEKUFURAN BANI ISRAEL

BUKIT SINAI,   SAKSI KEKUFURAN BANI ISRAEL Dasbor Kisah Nabi" BUKIT SINAI, SAKSI KEKUFURAN BANI ISRAEL “Selaman...