Blog Konten Islam: YANG MESTI ; di Ingat & Diperhatikan dalam Berhaji

Thursday 24 May 2018

YANG MESTI ; di Ingat & Diperhatikan dalam Berhaji

YANG MESTI ;   di Ingat & Diperhatikan dalam Berhaji

Dasbor "Educasi Islam "


YANG MESTI  ;  di Ingat & Diperhatikan dalam Berhaji
Mabrur tidaknya seseorang dalam menunaikan ibadah haji merupakan rahasia Allah SWT. Namun demikian, upaya orang yang berhaji itu sangat menentukan kualitas ibadah hajinya masing-masing. Pemahaman tentang ibadah haji itu sendiri, serta pelaksanaan syarat dan rukunya tentu juga menentukan mabrur tidaknya ibadah haji seseorang. Tentu selain menentukan sah atau tidaknya haji seseorang.

Berikut ini tips-tips bagi orang yang hendak menunaikan ibadah rukun Islam yang kelima ini , agar dalam pelaksanaannya tidak kesulitan sehingga ibadahnya pun menjadi khusyuk’. Jika ibadah haji sudah benar dan khusyu’ , maka insya Allah , Allah swt akan memberikan pahala yang adil, yaitu mendapatkan derajat seorang hajo mabrur .

Tips-tips nya sebagai berikut :
1.  Membawa bekal “kurma” (dalam bahasa jawa dibaca kurmo). Yakni bersyukur dan “nrimo” maksudnya , jika mendapatkan kenikmatan harus bersyukur , dan jika menghadapi kesulitan atau cobaan harus nrimo atau ikhlas. Sebab apapun yang terjadi di tanah suci adalah kehendak Allah swt
2.  Menanamkan nilai-nilai keikhlasan dan kesabaran sebelum berangkat haji. Sebab banyak kemungkinan peristiwa yang terjadi di tanah suci nantinya diluar jangkauan, nalar, akal dan dugaan yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya karena itulah kita harus persiapkan mental dengan mengikhlaskan apa-apa yang akan terjadi nanti di tanah suci.
3.  Orang yang berangkat haji harus istitho’ah (mampu).baik kemampuan harta benda untuk menunaikan ibadah haji dan untuk keluarga yang ditinggalkan , maupun kemampuan fisik (sehat jasmani dan rohani). Persiapan biayaibadah haji lebih baik dilakukan semenjak usia muda. Baik melalui Tabungan haji, Asuransi haji, Emas dan lain sebagainya.
4.  Disamping itu, kemampuan lainnya yang juga memiliki peranan penting adalah kesiapan ilmu pengetahuan akan ibadah haji , misalnya mengenai makna dan spiritualitas haji , tata cara (manasik haji) dan lainnya. Faktor kemampuan pengetahuan ini sangat penting untuk kesempurnaan haji. Tentu saja pengetahuan tersebut meliputi banyak hal, sejak proses pendaftaran, pembayaran ONH, perlengkapan dokumen, pengetahuan sejarah haji, serta proses perjalanan dan makan ritual yang terkandung dalm ibadah haji dan seterusnya.
5.  Bertaubat kepada Allah sebelum pergi haji maupun selama menunaikan ibadah haji.
6.  Menahan marah.
7.  Memaafkan kesalahan orang lain, sebelum orang tersebut memohon maaf.
8.  Kenali kondisi cuaca tanah suci dan perbedaan waktu Indonesia dan Arab Saudi.


TIPS SAAT ANDA DI Majidil Haram :
1.  Karena banyaknya pintu masuk , jamaah harus mengingat-ingat dari pintu mana ia masuk. Ini menghindari tersesat atau kehilangan sandal. Di pintu masuk tersedia kotak-kotak tempat penyimpanan sandal. Jangan pernah meletakkan sandal dalam tumpukkan di lantai , karena kemungkinan besar akan tersapu kaki – kai jamaah atau disapu petugas kebersihan. Agar aman sebaiknya sandal dimasukkan kedalam kantong kain dan diletakkan disamping tempat jamaah sholat. Selain untuk sandal kantong kain bisa juga berfungsi untuk tempat paying, air atau barang-barang lainnya yang diperlukan pada saat kita menjalankan ritual haji.
2.  Di masjid ini tersedia 50 pintu yang dikhususkan untuk orang cacat dan tak mampu berjalan untuk mencapai lantai dua dan tiga (atap) juga disediakan ekskalator. Namun pada saat padat kadang ekskalator ini dimatian.
3.  Jika di lantai dasar penuh , jamaah bisa sholat dilantai dua dan atap. Banyak juga jamaah yang sebgaja sholat dibagian atap agar bisa memandang Ka’bah dari atas. Lokasi ang harus diwaspadai jamaah adalah di pelataran ka’bah , di pelataran masjid,pintu masuk keluar, dan dibukit marwa (tempat tahalul) , karena jamaah selalu beresak desakkan. Di lokasi tahalul sering terjadi pencopet berpura-pura menawarkan atau bahkan memaksa memotong rambut . Menurut kabar penjahat itu berasal dari luar Arab Saudi.
4.  Jika kehilangan barang , jamaah bisa mencarinya di kantor Maktab Mafqudat, yakni tempat untuk menampung barang-barang yang tercecer. Kantor ini terletak didekat pintu keluar Babusslam,pintu sebelah timur , diantara bukit hafa dan Marwa. Barang-barang yang tercecer di pelataran ka’bah biasanya juga dikumpulkan di Hijir Ismail.
5.  Toilet dan tempat wudhu laki-laki dan perempuan terpisah. Letaknya dibawah tanah didepan pintu Malik Abdul Aziz dekat halaman bukit Marwa. Selain itu juga ada disamping pintu King Abdul Aziz dan beberapa pintu lainnya,. Jamaah juga bisa ke toilet atau berwudhu dibeberapa pertokoan yang ada diseputaran masjid.
6.  Sumur Zam-zam kini sudah ditutup. Namun jamaah tak kesulitan untuk mendapatkan air zam-zam disetiap sudut masjid. Air zam-zam disediakan dalam termo-termoz besar dengan gelas plastik sekali pakai. Baik juga membawa tempat minum jika ingin berlama-lama di masjid. Masjid haram buka selama 24 jam penuh. Perubahan udara Mekkah sangat ekstrim. Sering jamaah berangkat siang waktu udara cukup hangat dan pulang pada malam hari ketika udara sangat dingin. Jika akan lama berada di Masjid sebaiknya menyiapkan baju hangat.
7.  Datang ke masjidil haram sebaiknya minimal setengah jam sebelum waktu sholat.

( Berbagai Sumber)


Wallahu ‘alam Bhisawab

Tri Yudiono Publishing https://blogkontenislam.blogspot.com - 25 Mei 2018

Share on :

No comments:

BUKIT SINAI, SAKSI KEKUFURAN BANI ISRAEL

BUKIT SINAI,   SAKSI KEKUFURAN BANI ISRAEL Dasbor Kisah Nabi" BUKIT SINAI, SAKSI KEKUFURAN BANI ISRAEL “Selaman...