Blog Konten Islam: APA CIRI-CIRI DATANGNYA LAILATUL QADAR..?

Wednesday 16 May 2018

APA CIRI-CIRI DATANGNYA LAILATUL QADAR..?

APA   CIRI-CIRI DATANGNYA LAILATUL QADAR..?


"Dasbor Tahukah Anta"

"Baca Juga Siraman Ruhani"



CIRI-CIRI DATANGNYA LAILATUL QADAR :
Tidak ada yang bisa memastika kapan datangnya Lailatul Qadar., Namun demikian sejumlah ulama’ menyebutkan ciri-ciri datangnya Lailatul Qadar. Diantara tanda-tanda akan datngnya Lailatul Qadar antara lain ;
1.  Pada hari itu matahari bersinar tidak terlalu panas dengan cuaca sangat sejuk ,sebagaimana hadits riwayat Imam Muslim
2.  Pada malam harinya langit nampak bersih, tidak nampak awan sedikitpun, sebagaimana tenang dan sunyi, tidak dingin dan tidak panas.
Hal ini bedasarkan riwayat Imam Ahmad. Dalam Mu’jam at –Thabari al-Kabir disebutkan bahwa Rasulullah saw bersabda :”Malam Lailatul Qadar itu langit bersih, udara tidak dingin dan tidak panas, langit tidak berawan, tidak ada hujan, binatang tidak nampak dan pada siang harinya matahari berisnar redup dan tidak begitu panas”.
LEBIH UTAMA BERJAMAAH ATAU SENDIRI DALAM SHOLAT TARAWIH :
Imam Al-Syafi’i, Imam Abu Hanifah, Imam Ahmad bin Hanbal dan Jumhur ulama’ Syafi’iyyah dan sebagian pengikut Imam Malik dan lainnya berpendapat bahwa ; sholat tarawih lebih utama dilakukan secara berjamaah alasannya adalah :
1.  Mengikuti perintah Umar bin Khatab ra sebagaimana dijelaskan hadits-hadits yang sudah diriwayatkan terdahulu;
2.  Melaksanakan amalan sahabat Nabi saw
3.  Melaksanakan amalan kaum muslimin Timur dan barat.
4.  Karena termasuk amalan mensyi’arkan islam, sebagaimana halnya sholat Idul Fitri dan Idul Adha.

ISLAM HADIR PERTAMA KALI DI MALAYSIA PADA ABAD 7 M  :
Islam datang pertma kali di Malaysia pada abad ke 7 M. Pendapat ini berdasarkan pada argument bahwa pada pertengahan abad tersebut ,pedagang islam sudah sampai kegugusan pulau-pulau melayu. Para pedagang Arab muslim yang singgah di pelabuhan Indonesia juga singgah dipelabuhan – pelabuhan Malaysia. Salah satu tempat idiantaranya adalah Kedah, Trengganu, dan Malaka. Hipotesis lain dikemukakan oleh Fatimi, bahwa islam datang pertama kali sekitar abad ke-8 H (14 M). Ia  berpegang pada penemuan Batu bersurat di trengganu yang bertanggal 702 H (1303 M). Batu bersurat itu ditulis dengan aksara Arab yang memuat perintah kepada para penguasa untuk berpegang teguh pada keyakinan Islam dan ajaran Rasulullah saw.

Baca Juga "Apakah Lailatul Qadar Bisa Dibuktikan..?"

MASJID TELOK MANOK, MASJID TERTUA DI THAILAND :
Di Provinsi Narathiiwat, salah satu dari keempat provinsi di wilayah selatan Thailand berdiri sebuah masjid kayu yang sudah berumur sekitar 300 tahun yang bernama Masjid Telok Manok atau dikenal juga dengan nama Masjid Talon Manoh atau Masjid Wadi Hussein. Beragam nama –nama merujuk pada satu masjid ini. Masjid Telok Manok atau masjid Wadi Hussein dibangun pada tahun 1768. Telok Manok merupakan desa tempat masjid ini berdiri, sebuah desa kecil berjarak sekitar 25 km dari ibukota provinsi Narathiiwat. Sedangkan Al-Hussein adalah ulama’ penyebar islam dikawasan tersebut, dan beliau juga yang (disebut-sebut) membangun masjid kayu tersebut.

PETUNJUK “JALAN TIKUS” SAAT RASULULLAH HIJRAH KE MADINAH  :
Rasulullah saw dan Abu Bakar berangkat ke Yatsrib (Madinah) menemui jalan yang tidak bisa dilalui orang. Abdullah bin Uraiqit –dari Bani du’il bertindak sebagai penunjuk jalan. Abdullah membawa mereka kearah selatan , kemudian menuju Tihama didekat pantai laut merah.Abdullah bin Uraiqit adalah pemuda yang memberi tahu “Jalan Tikus” menuju Madinah sehingga tidak diketahui Bani Quraisy, Ketiga orang itupun terus melakukan perjalanan, siang dan malam, tanpa kenal lelah. Selama mereka dalam perjalanan yang sungguh meletihkan itu, berita-berita tentang Hijrah Nabi dan sahabatnya sudah tersebar di Yatsrib.

SAHABAT NABI YANG POPULER MENJADI AHLI TAFSIR:
Imam Suyuthy dalam kitabnya Al-Itqan mengatakan , “Kalangan sahabat yang populer dengan tafsir ada sepuluh yakni :
1.  Khalifah yang keempat (Abu Bakar, Umar, Utsman dan Ali)
2.  Dan ditambah keenam sahabat yang lain yaitu Ibnu Mas’ud, Ibnu Abbas , Ubay Ibnu Ka’ab, Zaid Ibnu Tsabit, Abu Musa Al-Asy’ari dan Abdullah bin Zubair.
Dan dari kalangan Khalifah empat yang paling banyak dikenal riwayatnya tentang tafsir adalah Ali bin Abi Thalib ra sedang dari Khalifah yang lain hanya sedikit sekali, karena mereka lebih dulu wafat.

NAMA – NAMA LAIN KOTA MADINAH :
Kota Madinah ternyata memiliki banyak nama. Pertama , disebut dengan Yatsrib. Nama Yatsrib adalah nama tertua yang ditujukan kepada nama kota Madinah. Sebelum dinamakan kota Madinah , kota tersebut populer dengan nama Yatsrib. Yatsrib sendiri berasal dari nama salah seorang anak Nabi Nuh yang mengembara dari daeran Babilonia , Irak dan kemudian tinggal dikawasan itu. Namun lain dari Kota Madinah Madinah adalah Bait Ar-Rasul(Rumah Rasul), kemudian nama lainnya Al-Iman , kemudian ada nama Dar Al-Abrar (tempat-tempat orang yang baik dan mulia), ada nama kota Al-Habibah (tercinta , lalu Dar al-Hijrah (negeri Hijrah Rasulullah saw) dan Al Haram (Kota Mulia) .

KHAMR ADALAH SUMBER KEMATIAN :

Dr. Deviz seorang ahli makanan Internasional , menyebutkan bahwa khamr dan rokok merupakan sumber penyakit dahsyat. Fakta menunjukkan, peminum khamr dapat menderita penyakit kronis pada jaringan hati, merusak hati, radang penkreas, beragam kanker dan sebagainya . Ensiklopedia Ilmu Pengetahuan di California menyebutkan Khamr adalah penyebab kematian nomor 2 setelah rokok di Amerika.


MARAH DAN SEDIH MENYEBABKAN PENYAKIT  :

Ibnu Abbas ra.pernah mendapatkan sebuah pertanyaan, “Mana yang lebih bahaya bagi fisik; perasaan marah atau sedih..?. ia menjawab, “Keduanya memiliki potensi sama , karena mengalir pada saluran yang sama. Para ilmuan lalu berpendapat bahwa keduanya meningkatkan hormon yang diproduksi anak ginjal (andrenalin) dan keduanya mengakibatkan tekanan darah naik (hipertensi) dan membahayaan hati(liver)..

FASE-FASE PERJALANAN DI AKHIRAT :

Berdasarkan Al-Quran dan Hadits Nabi Muhammad saw akhirat meliputi beberapa fase. Fase pertama, yaitu fase kehancuran alam semesta yang ditandai dengan kehancurannya. Kedua, yaitu fase kebangkitan seluruh manusia sejak Nabi Adam hingga zaman terakhir. Ketiga, yaitu Fase perhitungan (hisab) atau penimbangan amal baik dan buruk. Keempat, yaitu fase penetapan pembalasan Allah swt tentang siapa yang berhak masuk Surga dan Neraka.

PUASA SENIN KAMIS DAN SAUMUL ABYADL:

Doktor Goldword Herz, seorang ahli Zitology terkenal abad 20, mengatakan bahwa puasa Senin Kamis dan Saumul Abyadh (puasa tanggal 13,14,an 15 setiap bulan Hijriah) dapat memelihara kebersihan perut dari berbagai komplikasi kelebihan makanan sehingga terhindar dari berbagai penyakit tubuh dan jiwa. Disamping itu , dua jenis puasa itu dapat meningkatkan kesehatan fisik dan ruhani sepanjang hari.
PERTAMA KALI YANG MEMBUAT KUBURAN :

Dalam QS. Al-Maidah ; 31 , disebutkan yang pertama kali membuat kuburan adalah Burung gagak. Ali bin Abi Thalhah menjelaskan bahwa seekor burung gagak datang menghampiri burung gagak yang sudah mati, lalu ia menggali lubang di tanah hingga dia dapat meyembunyikannya. Kejadian ini kemudian disaksikan oleh anak Nabi Adam as, karena Qabil saat kebingungan setelah mebunuh saudaranya Habil karena urusan perselisihan cinta.

IMAM BUKHARI DAN 600.000 HADITS:

Imam Bukhari lahir di Bukhara 21 Juli 810. Ia belajar hadits sejak usia sebelum 10 tahun. Ia memiliki bakat yang cemerlang serta memiliki hapalan dan daya ingat yang sangat tajam. Sebelum mencapai usia 16 tahun ia sudah mampu menghafal buku ulma’-ulama’ besar. Hingga akhirnya ia dikenal sebagai ulama’ besar dan perawi hadits terkenal. Ia berhasil memperoleh 600 ribu dan 300 ribu diantaranya berhasil dihafalnya.


PENGERTIAN FAKIR MENURUT AL-ASFAHANI :

Ragib Al-Asfahani, ahli fiqih dan tafsir, menyebutkan ada empat pengertian fakir.
1.  Pertama, orang yang masih memerlukan hal primer dalam hidup seperti makan dan tempat tinggal
2.  Orang yang tak bisa memenuhi kebutuhan primer , tapi ia tak meminta-minta.
3.  Fakir jiwanya ,sehingga itu mendorong pada kekafiran.
4.  Orang yang selalu butuh petunjuk Allah swt.


{ Berbagai Sumber}

Tri Yudiono Publishing https://blogkontenislam.blogspot.com - 17 Mei 2018

Share on :

No comments:

BUKIT SINAI, SAKSI KEKUFURAN BANI ISRAEL

BUKIT SINAI,   SAKSI KEKUFURAN BANI ISRAEL Dasbor Kisah Nabi" BUKIT SINAI, SAKSI KEKUFURAN BANI ISRAEL “Selaman...