Blog Konten Islam: Mengapa WANITA Banyak Menghuni NERAKA...?

Thursday 3 May 2018

Mengapa WANITA Banyak Menghuni NERAKA...?

Mengapa  WANITA Banyak Menghuni NERAKA...?


Kenapa  WANITA,







Baca Juga DASBOR "RAHASIA ILLAHI 1"

Seorang suami menjadi kesal mendapati meja makannya tidak ada makanan. Padahal ia sudah sangat lapar sepulang kerja. Tampaknya, hari itu sang istri malas memasak. Anehnya, ia kemudian tidak mencarikan makanan pengganti yang bisa dibelinya di warung makan.

Baca Juga>>>"21 ALASAN JAMAAH DI MASJID"

Karena kesal, sang suamipun marah pada istrinya, sang istri alasan macam-macam untuk membuat suaminya mengerti kenapa ia tiadak memasak. Padahal, alasan itu dibuat-buat. Sebab saat masuk rumah sang suami menyadari bahwa istrinya sedang beramain gadget. Jadi, tidak ada alasan baginya untuk tidak memasak karena untuk bermain gadget saja bisa.

Demikian beberapa kasus sederhana. Bagaimana seorang istri mengabaikan tanggungjawabnya sebagai pelayan suami yang baik. Jika untuk menunaikan kewajibannya ia seringkali memiliki alasan tidak punya waktuatau sedang malas, sementara untuk kegiatan lain menyempatkan diri untuk arisan , bermain gadget, nonton televise, dan ngumpul sama temen-temennya.

Persoalan ini tampaknya sederhana, tetapi dari sudut agama justru itu berdampak sangat besar terhadap posisi sang istri di akhirat keak. Makanya muncul sebuah hadits “ Sesungguhnya penduduk Surga yang paling sedikit adalah wanita “ ( HR. Muslim & Ahmad).

Dalam Hadits lain disebutkan, “Aku melihat kedalam surga maka aku melihat kebanyakkan penghuninya adalah Fuqara’ (orang-orang fakir) dan aku melihat kedalam neraka maka aku menyaksikan kebanyakkan penghuninya adalah wanita “ (HR. Bukhari dan Muslim).

Mengapa istri banyak menghuni neraka..?. Ha itu salah satunya, disebabkan karena wanita (istri) kerap kali mengabaikan persoalan-persoalan sepele dan sederhana kepada suaminya.

Baca Juga>>>"10 ALASAN DOA BELUM DIKABULKAN"

Jadi, salah satu sebab wanita banyak menghuni neraka adalah karena tidak bisa menjalankan kewajiban nya terhadap sang suami dengan baik. Makna ini bisa ditelusuri dari sebuah hadits Nabi, Suatu ketika dan para sahabatnya sholat gerhana matahari.

Tiba-tiba Nabi melihat surga dan neraka. Ketika Baginda melihat Neraka , ternyata kebanyakkan penghuninya adalah kaum wanita. Para sahabat pun bertanya, “Mengapa (demikian) wahai Rasulullah..?”.

Baginda Nabi Muhammad saw menjawab, “karena kekufuran mereka”
Sahabat bertanya lagi,”Apkah mereka kufur kepada Allah..?”.
Baginda Nabi saw menjawab, “Mereka kufur terhadap suami-suami mereka , kufur terhadap kebaikkan-kebaikkannya. Kalaulah engkau berbuat baik diantara salah seorang mereka selama waktu yang panjang kemudian dia melihat sesuatu pada dirimu (yang tidak disukai) niscahya dia akan berkata, ‘Aku tidak pernah melihat sedikpun kabaikan pada dirimu “. (HR. Bukhari). .

Ke Dasbor>>>"SIRAMAN ROHANI"

Sebab lain wanita banyak menghuni neraka adalah karena seringnya perempuan berpakain seronok. Nabi saw bersabda,”…dan wanita-wanita yang berpakaian tetapi hakekatnya mereka telanjang , melenggak-lenggokkan kepala mereka karena sombong dan berpaling dari ketaatan kepada Allah dan suaminya, kepala mereka seakan-akan seperti bungul unta. Mereka tidak akan masuk surga dan tidak mendapatkan wanginya surga padahal wanginya bisa dirasakan dari jarak perjalanan sekian dan sekian “ (HR. Muslim dan Ahmad).

Menurut Ibnu ‘Abdil Barr, “Wanita – wanita yang dimaksudkan Rasulullah saw adalah yang memakai pakaian yang tipis yang menampakkan tubuhnya ataupun yang menunjukkan bentuk tubuhnya dan tidak menutupinya , maka mereka adalah wanita-wanita yang berpakaian pada zahirnya dan telanjang pada hakekatnya …“.

Ketika menjeaskan tentang hadits yang berisi tentang kebanyakkan wanita menghuni neraka , Imam Qurthubi mengatakan, “Penyebab sedikitnya wanita masuk surga adalah hawa nafsu yang mendominasi pada diri mereka dan mudahnya mereka untuk tertipu dengan kesenangan dunia yang menyebabkan mereka lemah untuk beramal..”

Karena itu, hendaklah seorang wanita (istri) pandai dalam hal menghargai dan menghormati suaminya. Bahkan, segala kekurangan yang ada pada suaminya , seorang istri yang baik (shalehah) harus pandai menyembunyikannya. Sebab, wanita yang tidak mensyukuri kekurangan suaminya akan dicela oleh agama. Nabi saw bersabda, “Allah tidak akan melihat kepada wanita yang tidak mensyukuri apa yang ada pada suaminya dan tidak merasa cukup dengannya “. (Hr. An-Nasai).

Sebab lainya wanita banyak menghuni neraka adalah karena mereka suka memamerkan perhiasannya ke khalayak ramai dengan penuh kebanggaan dan kesombongan. Allah berfirman, “Dan janganlah mereka menampakkan perhiasan-perhiasan mereka “ (QS.An Nur Ayat 310)

Imam Az-Zahabi ra menyatakan dalam kitab Al-Kabair, “Termasuk dari perbuatan-perbuatan yang menyebabkan mereka dilaknat ialah menampakkan perhiasan emas dan permata yang dipakai oleh mereka..”

Dengan perbuatan seperti ini berarti mereka secara tidak langsung menyeret kaum lelaki masuk  kedalam neraka. Sebab, pada diri kaum wanita terdapat daya tarik syahwat yang sangat kuat yang dapat menggoncang keimanan yang kokoh sekalipun, apalagi imannya lemah.

Rasululah saw sendiri menyatakan didalam hadits yang shahih,”Fitnah yang paling besar yang paling ditakutkan atas kaum lelaki adalah fitnahnya wanita..”

Allah swt berfirman, “Dan tinggalah kamu dirumah-rumah kamu dan janganah kamu bertabarruj dengan tabarrujnya orang-orang jahiliyah pertama dahulu “ (QS. Al-Ahzab ayat 33).

Menurut Syaikh Shafiyyurrahman Al-Mubarakfurydi dalam Ar- Rakhiqul  Amakhtum, bahwa Rasulullah dimi’rajkan oleh Allah dan diperlihatkan neraka, beliau melihat pezina disiksa di neraka tersebut. Didekat mereka ada daging yang baik dan ada daging yang busuk. Mereka mengambil daging yang busuk itu dan meninggalkan daging yang baik.

Jadi, sebab lain disiksa di neraka adalah karean wanita berzina. Fenomina ini banyak terjadi akhir-akhir ini. Tidak saja berzina dalam arti yang real (nyata) seperti menjadi pelacur atau pekerja seks, komersial, tetapi juga zina dalam konteks yang tidak langsung seperti telanjang di muka umum, foto fulgar, (telanjang) , catwalk telanjang, mpdel telanjang model lukisan dan lain sebagianya.

Kalau ditanya, semua itu hanyalah sebuah seni belaka. Ketika sebuah profesi hanya untuk menghalalkan apa yang dilarang (diharamkan), oleh Allah swt, maka tercelalah pekerjaan itu. Karena itu , sebaiknya hindarilah.!.

Dalam Sirah Nabawiyah karya Syekh Muhammad Ali Ash Shalabi diterangkan Rasulullah saw saat Isra’ Mi’raj diperlihatkan para pengghibah disiksa di neraka dengan memakan bangkai-bangkai busuk manusia.

Para penghibah itu kebanyakan wanita. Jadi, Sebab lain yang membawa wanita masuk neraka adalah karena kebiasaan mereka yang suka mengghibah  (ngomongin orang). Tidak heran jika wanita disebut, “suka ngerumpi”. Sebab, kerajaan mereka adalah ngumpul-ngumpul dan membicarakan orang lain.

Lalu, bagaimana agar wanita bisa terhindar dari siksa api neraka tersebut..?.
Usai mengisi khutbah Hari Raya Rasulullah saw bangkit mendatangi kaum wanita dan menasehati mereka tentang akhirat, “Bersedekahlah kamu semua Karena Kebanyakkan kamu adalah kayu api jahannam..!”.

Maka berdirilah seorang wanita yang duduk diantara wanita-wanita lainnya yang berubah kehitaman kedua pipinya. Ia bertanya, “Mengapa demikian wahai rasulullah saw …?.
Baginda Nabi saw menjawab, “Karena kamu banyak mengeluh dan kamu kufur terhadap suami !”. (HR. Bukhari).
Jadi sedekah ternyata dapat menyelamatkan wanita  dari siksa api neraka .

Wallahu ‘alam Bhisawab

Tri Yudiono Publishing https://blogkontenislam.blogspot.com - 4 April 2018

Share on :

No comments:

BUKIT SINAI, SAKSI KEKUFURAN BANI ISRAEL

BUKIT SINAI,   SAKSI KEKUFURAN BANI ISRAEL Dasbor Kisah Nabi" BUKIT SINAI, SAKSI KEKUFURAN BANI ISRAEL “Selaman...