Blog Konten Islam: TAHUKAH ANTA 1

Friday 13 April 2018

TAHUKAH ANTA 1

TAHUKAH ANTA ....?
TAHUKAH ANTA 

TIGA (3) PENYEBAB SIKAP RIYA’ :
Dr. Aid Abdullah al-Qarni berkata dalam kitab “ Tuhaf nabawiyyah “ bahwa riya’ itu muncul karena tiga (3) hal :
                   Pertama   
                  : karena lemahnya Muraqabah (perasaan diawasi) oleh Allah, Ia merasa tidak diawasi oleh Allah
                  Kedua      : karena menuntut apa yang ada pada manusia seperti menuntut warisan , pangkat harta dan sebagainya. Akibatnya yang ada pada pikirannya hanya sebatas persoalan dunia.
Ketiga      :  karenapanjang angan-angan dan lambat dalam mencari apa yang disukai oleh Allah (uup/pelbagaisumber)

HINDARKAN DIRI DARI SIKAP MARAH
Suatu hari Jariyah bin Qudamah menghadap Rasulallah ia meminta wasiat sederhana dari Rasul “ Ajarkanlah satu hal saja dan jangan banyak-banyak agar saya bisa terus menyadarinya dengan bai “ Jawab Nabi : “Jangan Marah “.
Pertanyaan samapun diutarkan Jariyah. Namun tetap memberi jawaban yang sama, yaitu jangan marah sebab marah bisa menjerumuskan seseorang pada perbuatan dosa.
MAKAN DAN MINUMAN JANGAN BERLEBIHAN :
Islam menyuruh kita untuk makan dan minum jangan berlebihan, sebab Allah tidak menyukai yang berlebihan. (lihat surat Al-A’raaf; 31 ).Berdasarkan teori ilmiah, kita tidak membutuhkan kuantitas (jumlah) makanan tapi kita membutuhkan makanan yang seimbang dan beraneka ragam.
Pola makanan sehat mengharuskan keragaman. Itulah sebabnya para dokter sepakat bahwa makanan yang berlebihan sangat membahayakan kesehatan dan secara langsung mempengaruhi saluran dan alat pencernaan.

KENAPA NABI MENGANJURKAN MAKAN DENGAN TANGAN KANAN ? :
Marilah kita merujuk hadits dalam Shahih Muslim. Dari Ibnu Umar disebutkan bahwa Nabi bersabda “ Jika seseorang makan maka hendaklah makan dengan tangan kanannya, dan jika ia minum hendaknya ia minum dengan tangan kananya. Sebab setan makan dan minum dengan tangan kirinya.

NABI MENGANJURKAN MENIKAHI GADIS :
Suatu hari seorang pemuda menemui Rasul dan bertanya soal perempuan untuk dinikahi. Ia memberikan pertanyaan dengan analogi( persamaan) pada sebuah pohon “ Wahai Rasul, bagaimana menurutmu jikaaku singgah di sebuah Oase yang ada pohonnya ada buah yang sudah dimakan, dan ada juga yang belum ?”.
Kata Rasul “Di pohon yang belum dimakan “ Artinya Allah menganjurkan memilih yang masih perawan.
WUDHU YANG BENAR DAPAT MEREDAM AMARAH :
SAYA TAHU ada sebagian kita yang terasa sulit mendzikir pesan indah Rasulallah tersebut. { Yah karena alas an menghafal, misalnya}. Untuk itu sang Nabi Pamungkas itu menyodorkan satu TipS kecil yang menurut saya Power Full.
Rasulallah saw pernah bersabda, “ Seesungguhnya kemarahan itu dari setan, dan sesungguhnya setan itu diciptakan dari api, sesungguhnya api bisa dipadamkan dengan air.
Jadi jika salah seorang diantara kamu marah,maka berwudhulah “ [HR. Ahmad dan Abu Daud ] “
Membaca hadits ini, saya terhenyak; bahwa wudhu yang baik , bukan sekedar ritual semata itu ternyata obat jiwa yang sangat mujarab
Dan biarlah air suci itu menembus pori-pori Anda, meresap ke renik-renik urat syaraf Anda yang tegang; meluruskan ketegangan , kebencian dan nafsu, Quwwatun Saba’iyyah Anda.
Setiap air yang Anda basuh adalah energy Illahi yang tidak hanya menyimpan doa agar amarah Anda pergi, tapi juga men-charge jiwa Anda yang baru, jiwa suci yang siap menyongsong hari baru.
Karena air, dalam sebuah penelitian terungkap; bila diniatkan untuk hal-halbaik , makaia akanmerespon dengan baik. Ia dapat berbentuk serupa Kristal.
Nah bayangkan bila Kristal itu menempel ke wajah kita, ditangan kita, di kaki kita, isetiap anggota tubuh dimana kita berwudhu.
[Hmmmm. Tak aneh bila seorang shaleh yang biasa menjaga wudhu, ukanya nampak putih berseri – seri selayak kilauan butiran Kristal yang menempel di wajahnya].
Karena itu resapilah air wudhu itu sebagai obat hingga kita terselamatkan dari amarah yang masih mengganjal.
Semoga, petuah yang satu ini menyelamatkan kita dari ancaman Allah di sebuah hadits Qudsi : “ Wahai manusia ingatlah kepada-Ku jika kamu marah, maka Aku akan mengingatmu bila Aku murka sehingga Aku tidak akan membinasakan sebagai orang yang Kubinasakan “.            [ HR. Ibnu Abu Hatim ] {Az}

PUASA MENYINGKIRKAN KUMAN DITUBUH :
Dr. Robert Bortelio, seorang dokter asal jerman, menyebutkan bahwa puasa selama satu bulan dapat dijadikan media yang dapat menyingkirkan kuman =- kuman dalam tubuh manusia.
Diantaranya adalah kuman-kuman “zuhri” yang memiliki kandungan unsure-unsur yang bisa merusak sel-sel tubuh.

Dengan menjalankan puasa, struktur sel-sel yang rusak tadi bisa tumbuh kembali. Dr. Blair Charneber menyatakan bahwa puasa satu bulan penuh bisa jadi pondasi kehidupan.

PENGARUH MENDENGARKAN LANTUNAN AL-QURAN :
Mendengarkan lantunan ayat-ayat Al-Quran berpengaruh terhadap kejiwaan seseorang. Orang yang stress bisa sembuh dan terobati. Sebuah study di Universitas di Washington menyebutkan bahwa 65 persen eksperimen mendengarkan lantunan ayat-ayat Al-Quran memiliki pengaruh cukup signifikan terhadap gejal stress.
Sedangkan bacaan-bacaan lain selain Al-Quran semisal buku novel, majalah , Koran dsb hanya berpengaruh 35% saja untuk menghilangkan gejala stres.
PENYAKIT GANAS DI DAGING BABI :
Mengkonsumsi daging babi ADALAH haram hukunya. Kenapa ? Daging babi ternyatabanyak menyimpan banyak penyakit. Salah satu penyakit ganas bernama Influensa babi. Penyakit ini menyebar dalam bentuk wabah yang bisa menimpa jutaan manusia.
Wabah ini pernah diderita umat manusia  pada tahun 1918 dalam satu gelombang wabah itu memebunuh sekitar 20 juta nyawa manusia. Pada tahun 1977 Amerika pernah dicekam jenis wabah ini dan mengeluarkan biaya 135 juta dolar untukmenanganinya.

PENTINGNYA MENYUSUI ANAK DUA (2) TAHUN :
Allah menganjurkan kepada para ibu untuk menyusui anak-anaknya selama dua tahaun seara penuh (lihat QS. Al-Baqarah 223 ). Hal ini sesuai dengan hasilpenelitian terkini dibidang kedokteran.
Air susu yang pertama kali diterima seorang bayi dari payudara ibunya sendiri selama dua (2) tahun pertama setelah kelahirannya itu mengandung beberapprotein khusus dengan kadar tinggi.
Protein ini dapat melawan pertumbuhan kuman-kuman yang mendatangkan berbagai penyakit. Protein ini juga berfungsi sebagai anti body.

MAKAN DAN MINUMAN JANGAN BERLEBIHAN :
Islam menyuruh kita untuk makan dan minum jangan berlebihan, sebab Allah tidak menyukai yang berlebihan. (lihat surat Al-A’raaf; 31 ).Berdasarkan teori ilmiah, kita tidak membutuhkan kuantitas (jumlah) makanan tapi kita membutuhkan makanan yang seimbang dan beraneka ragam.
Pola makanan sehat mengharuskan keragaman. Itulah sebabnya para dokter sepakat bahwa makanan yang berlebihan sangat membahayakan kesehatan dan secara langsung mempengaruhi saluran dan alat pencernaan.

        KURMA MEMBUAT HATI TENTRAM DAN TENANG

Dr. Muhammad Hasyim dalam kitab Al-Adawiyah wa al-Qurany menyebutkan bahwa buah kurma dapat mendatangkan ketenangan dan ketentraman bagi hati yang resah dan gelisah.

 Menurutnya , kurma juga bisa menenangkan kondisi hati yang resah, gelisah  dan gugup yang diakibatkan oleh aktifitas kelenjar gondok yang membenjol dibagian depan leher ketika naik pengeluarannya.

Sejumlah dokter juga menyarankan agar setiap anak yang mudah gugup agar diberi makanan buah kurma antara 3-9 buah setiap hari.


BEBERAPA VITAMIN PADA BUAH KURMA :

-Buah kurma mengandung vitamin A berkadar tinggi menyamai kadar yang terdapat pada minyak ikan dan keju. Diantara manfaat vitamin A adalah dapat menjaga mata agar tetap basah ( lembab ) dan berkilau menguatkan otot-oto pengelihatan.


Mencegah kekeringan pelupuk mata rabun mata dan kekeringan kulit.

Kurma mengandung vitamin B1 dan B2 yang membantu menguatkan otot-otot dan melenturkan pembuluh-pembuluh darah sehingga bisa terhindar dari kondisi sembelit yang kronis.



MANFAAT KURMA MENTAH DAN MATANG :

Buah kurma yang belum matan bias dijadikan obat untuk menghentikan penyakit diare dan sembelit. Buah ini secara aktif digunakan untukproses pembakaran ( metabolism ), menghentikan pengeluaran

darah ( hemophilla ), dan menguatkan ginjal yang lemah, menghentikan batuk yang sudah akut, sakit dada membersihkan dahak, menimbulkan darah kuat dan memperbaiki sakit punggung. Sedangkan kurma matan dapat menguatkan otot-otot rahim dan mengatur disiplin kerja otot.


MADU LEBAH MENEKAN KERJA RACUN :
Allah berfirman “ Dari perut lebah itu keluar minuman ( madu ) yang bermacam-macam warnanya didalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. ( QS. An-Nahl:69). Ayat ini dibuktikan secara medis. Dr. Abdul Aziz Ismail, tokoh ilmu kedokteran menyebutkan bahwa madu lebah adalah senjata dokter untuk segalapenyakit.


MADU JADI OBAT PENYAKIT JANTUNG :
Dr. Coulumb mengobati orang-oran yang terserang penyakit jantung dengan madu lebah. Dr. Azuries menggunakan madu untukpengobatan pasien penderita TBC , paru-paru. Hal ini serupa denga apa yang dilakukan Dr. Miss Guttenberg yang mengobati 600 penderita luka pada lambung dengan perantara mengkonsumsi madu lebah.
Merekamemperkuat peran vital madu binatang ini dalam menambah jumlah bulatan-bulatan darah merah dan meninggikan zat pewarna darah (hemoglobin).


SARAPAN RASULALLAH PADA HARI RAYA IDUL FITRI :
Kira-kira apa yang dimakan Rasulullah untuk santapan dipagi hari Raya ? Para ulama fiqih menyepakati bahwa sarpan sebelum berangkat sholat Idul Fitri dihukumi sunnah. Sebab hal ini dicontohkan Rasulallah sendiri (HR. Imam Bukhari dan Ahmad )
Adapun sarapannya dengan ruthab , yaitu buah kurma setengah tua. Bila tidak ada Rasullah sarapan dengan tamar,yaitu buah kurma kering, jika itu tidak ada, makanabi cukup meminum setenguk air putih.
Yang jelas, dalam hal ini Nabi ingin menunjukkan bahwa di hari raya kita tidak boleh dan haram hukumnya untuk berpuasa.

MEMAKAI BAJU MERAH DI HARI RAYA IDUL FITRI :
Nabi bersabda, “Barang siapa yang bangun untuk sholat pada dua malam hari raya dengan penuh pengharapan niscaya hatinya tidak akan pernah mati dihari dimana hati sedang mengalami kematian “ ( HR.Ibnu Majah ).
Lantas tahukah kamu baju apa yang dikenakan Rasulallah di Hari Raya Idul Fitri ?
Sebuah Hadits dari Jabir bin Abdullah menyebutkan bahwa Nabi memakai pakaianyang berwarna merah ( burdhatul ahmar ) pada dua hari raya ( Idul Fitri dan Idul Adha ) dan hari jum’at ( HR. Ibnu Khuzaimah ).

MANFAAT SALING MEMAAFKAN  :
Selain membuat hubungan lebih baik  dan hati lebih tenang , ternyata bermaafan terbukti bisa bikin kita sehat. Menurut artikel yang dirilis Harvard Women Health Watch seperti dikutip detikkhot.com, Jum’at (20/10/2006) bahwa memaafkan seseorang yang melukai kita bisa membuat keadaan mental dan fisik menjadi lebih baik.
Setidaknya ada lima (5) hal yang mendasarinya :
1.  Mengurangi Stres :
Penelitian menemukan dendam yang selalu disimpan secaramental dapat membuat tegangan atau tekanan yang dapat menyebabkan stress. Tubuhpun bereaksi. Otot-otot menegang, tekanan darah meningkat, dan keringat berlebihan.
Apa gunanya selalu menyimpan amarah dalam hati. Daripada anda menyimpannya dan jadi penyakit, kini saatnya saling memaafkan.
2.  Kesehatan Jantung membaik :
Sebuah study menemukan hubungan yang antara memaafkan seseorang yang telah berkhianat membuat perbaikan tekanan darah dan detak jantung. Semakin rendah tingkat amarah Anda pendam maka akan bertambah baikjuga fungsi kerja jantung Anda.
3.  Hubungan yang Lebih Kuat :
Dengan sifat pemaaf, wanita terbukti bisa membuat hubungannya bertahan lama. Study di tahun 2004 menunjukkan wanita yang selalu memaafkan dan bermurah hati terhadap pasangannya akan lebih mudah menyelesaikan konflik. Jika sifat keras kepala dan egois selalu ditunjukkan oleh kedua pasangan, niscahya jalan tengah untuk berpisah selalu ditemui oleh pasangan model itu.
Degan seorang wanita (laki-laki) yang pemaafdan sabar, hubungan bisa terjalinlebih bertahan lama.
4.  Mengurangi Rasa Sakit :
Sebuah studi kecil kepada orang yang mengalami penyakit punggung kronis menemukan, berlatih meditasi pengendalian amarah lebih efektif mengurangi rasa sakit dan rasa tegang dibandingkan dengan terapi kesehatan biasa.
Itulah mengapa diluar negeri banyak sekali muncul biro latihan pengendalian amarah. Amarah adalh hal dasar yang bisa orang berbuat negative dan mengganggu kesehatan.
5.  Lebih Bahagia :
Ketika anda memaafkan seseorang Anda akan membuat diri sendiri jadi lebih bahagia dibandingkan mereka yang anda maafkan. Sebuah survey pernah dilakukan untuk mempertanggungjawabkan opini di atas.
Survei menunjukkan orang yang membicarakan tentang maaf-memaafkan selama sesi psikoterapi lebih menghasilkan perasaan bahagia disbanding mereka yang tidak.
Jika kelima alas an diatas tak bisa ditampik, rasanya, kita patut mencobanya !.

PUASA SEPULUH (10) HARI PADA BULAN DZULHIJAH
Berpuasa sepuluh hari pada bulan Dzulhijah nilainya lebih tinggi dari pada orang yang berangkat jihad di jalan Allah, dengan segala kemampuan fisik dan raganya. Bahkan nilainya sama seperti puasa setahun.
Keutamaannya tidak bisa dikalahkan dengan orang yang berjihad meski ia dalam keadaan mati syahid. Nabi menganjurkan kepada umatnya untuk berpuasa 10 hari di bulan Dzulhijah sebab pahalanya begitu besar sekali.

MEMBERI BUKA PUASA PAHALANYA = PUASA
Ramadahan adalah bulan perlombaan untuk meraih pahala sebanyak-banyaknya. Karena itu bersededak di bulan Ramadan dibalas dengan pahala yang melimpah juga. Memberi makan untuk berbuka puasa bagi umat Islam yg sedang berpuasa pahalanya = orang yang puasa.
Hal ini ditegaskan dalam hadits Nabi dari Zaid bin Khalid ai-Juhni :
“ Barang siapa yang menyediakan makanan (untuk berbuka puasa) bagi orang yang berpuasa, maka pahalanya sama dengan orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa sediktpun ( HR.at-Tirmidzi dan Nasai )
KEMENANGAN PERANG BADAR KARENA BERKAT BERPUASA
Wahai para muslimin, bagaimana keadaan umat Islam semasa perang Badar ?. Perang Badar terjadi pada 17 Ramadhan, tentara Islam kalaitu tergolong kecil dengan perbekalan perang sangat terbatas. Namun mereka mendapat pertolongan dari Allah. Tahukah wahai para muslimin kenapa mereka mendapat pertolongan dari Allah ?
Seandainya bukan karena puasa, yang menumbuhkan kekuatan fisik mereka, mungkin saja mereka tidak akan memenangkan peperangan yang dahsyat itu. Kekuatan yang dimiliki tentara Islam dibulan puasa juga tampak pada peperangan di Yarmuk, Qadisiyah, Jalula, Hathin, dan lain-lain.
SEPERTI APA PUASA RUHANIAH ITU ? ;….
Dalam AL-Quran kata puasa disebut dua macam, yaitu Shaum dan Shiyam
Kata Shiyam paling banyak disebut diantaranya :
Dalam QS. Al-Baqarah : 183, An-Nisa : 91, Al-Maidah : 92 dan sterusnya.
Puasa seperti ini tergolong puasa jasmaniah dan hanya menyangkut aturan-aturan fiqih. Sementara itu, kata Shaum disebut hanya satu kali , yaitu dalam QS. Maryam : 26 “ Sesungguhnya aku bernazar kepada Yang Maha Pengasih untuk berpuasa, dan tiada akan berbicara dengan manusia pada hari ini “ Inilah jenis puasa dimensi Ruhaniah (tasawuf). Salah satu puasa ruhaniah adalah puasa berbicara. Kita berpuasa untuk tidak banyak bicara .
Puasa semacam ini tidak dibatasi sejak terbit matahari hingga terbenam, melainkan dijalani sepanjang hari.
(Dikutip dari berbagai sumber )

Share on :

No comments:

BUKIT SINAI, SAKSI KEKUFURAN BANI ISRAEL

BUKIT SINAI,   SAKSI KEKUFURAN BANI ISRAEL Dasbor Kisah Nabi" BUKIT SINAI, SAKSI KEKUFURAN BANI ISRAEL “Selaman...