Blog Konten Islam: 10 ALASAN DOA . BELUM DIKABULKAN….?

Thursday 26 April 2018

10 ALASAN DOA . BELUM DIKABULKAN….?

10 ALASAN   DOA BELUM BELUM DIKABULKAN..?


10   ALASAN DOA .
BELUM DIKABULKAN….? 


“Sebagian Anda barang kali merasa gemas dan “menyalahkan” Allah SWT lantaran berdoa belum juga dikabulkan-Nya. Nah, menurut Ibrahim bin Adham, ada sepuluh alasan Allah swt yang membuat doa hamba-Nya tidak dikabulkan-Nya antara lain “:
Engkau menegnal Allah, tapi tidak memenuhi hak-haknya yang dimaksud, hak Allah tersebut itu adalah melaksanakan segala perintahnya dan menjauhi larangan-Nya.

Engkau membaca Al-Quran, tapi belum mau mengamalkannya. Hal ini menegaskan bahwa seorang muslim yang sudah memiliki pengetahuan yang terkandung dalam Al-Quran tapi juga belum mau mengamalkannya. Dan bagi mereka yang belum bisa membaca Al-Quran, tapi belum juga berniat belajar untuk membacanya.

Baca juga>>>" 21 Alasan berjamaah di Masjid"

Engkau mengaku mencintai Rasulullah saw, tapi meninggalkan sunnah-sunnahnya,
Engkau mengaku menjadi musuh setan, akan tetapi  engkau malah menjadi temannya dan bersekutupadanya.
Kalian memohon dari siksa api neraka, tapi kalian malah memasukkan diri kalian sendiri ke dalamnya.

Artinya seseorang berdoa kepada Allah seyogyanya sudah membersihkan diri dari kekotoran dan kekeruhan batin. Ia seharusnya takut pada azab Allah yang pedih dengan meninggalkan segala sifat-sifat jeleknya.

Kalian berdoa, agar dimasukkan kedalam surga , tapi kalian enggan melakukan {untuk bisa masuki} nya.
Artinya, Seorang pendoa seyogyanya sudah mulai membiasakan diri melakukan segenap kebaikkan-kebaikkan yang membuat doanya dikabulkan Allah.

Tidak sebaiknya, ia belumnya juga mengganti perilaku buruknya dengan perilaku yang baik. Engaku tahu bahwa kematian itu benar adanya, akan tetapi kalian tidak mempersiapkan diri {untuk menjumpainya}.

Kalian sibuk dengan aib orang lain, namun dengan aib sendiri kalian tidak mau tahu.

Kalian telah banyak memakan nikmat Tuhanmu , akan tetaoi kalian tidak mensyukurinya.

Baca juga>>>"Benarkah sayap Malaikta bertuliskan surta Al-Ikhlas..?".

Hal ini menekankan bahwa seseorang pendoa yang kufur nikmat tentu saja akan membuat doanya sulit didengar Allah. Sebab Allah tidak akan menyukai orang-orang yang tidak mau berterima kasih {mensyukuri} nikmat yang telah dianugerahkannya.

Kalian sering ikut menguburkan mayat, tapi kalian tidak pernah mengambil ikhtibar darinya. Poin ini menegaskan betapa kita memang seringkali alpa mengambil pelajaran berharga dari sebuah peristiwa kematian hingga terus-menerus melakukan kejelakkan.

Tentu saja doa orang seperti ini akan tidak diperhatikan Allah swt. Demikianlah, berdoa bukan semata-mata meminta kepada Allah swt tapi sebuah laku ibadah yang sangat terkait dengan sikap dan perilaku kita sebagai muslim.

Untuk itulah sejauh mana kita sudah memenuhi adab berdoa..? Sudahkah kita memantaskan diri agar doa-doa kita diijabah oleh Allah swt.

Wallahu ‘alam Bhisawab

Tri Yudiono Publishing https://blogkontenislam.blogspot.com- 27 April 2018
Share on :

No comments:

BUKIT SINAI, SAKSI KEKUFURAN BANI ISRAEL

BUKIT SINAI,   SAKSI KEKUFURAN BANI ISRAEL Dasbor Kisah Nabi" BUKIT SINAI, SAKSI KEKUFURAN BANI ISRAEL “Selaman...