Blog Konten Islam: 21 ALASAN BERJAMAAH DI MASJID

Monday 16 April 2018

21 ALASAN BERJAMAAH DI MASJID

 21 ALASAN BERJAMAAH DI MASJID


21   ALASAN.

BERJAMAH DI MASJID



Ihwal BERJAMAAH di MASJID

Subhanallah, sahabat  shalehku. Kalau sungguh-sungguh mencintai Allah dan bear-benar ingin selamat dunia akhirat pasti selalu senang dan bersemangat berjamaah di masjid.

Seseorang yang saking senengnya berjamaah dimasjid, tidak peduli perbedaab yang tidak prinsip, apakah masjid berqunut atau tidak , berdzikir jahar atau sirri, berdoa bersama atau tidak, Muhammadyah atau NU.

Bila hujan turun malah menambah kenikmatan berjamaah ke masjid , karena ia paham benar “Fadhaail “ ( keutamaan ) berjamaah di masjid, ia menghormati perbedaan kecil yang tidak pokok itu yang terpenting dirinya selalu berjamaah dimasjid berkumpul dengan saudara-saudara seiman.

Ia mencari – cari alasan tidak mau ke masjid sebenarnya karena cinta dunia dan malas, dan ini justru terjadi pada orang-orang pintar, bahkan ia yang pintar agamanya.

Rasulullah saw dan para sahabat selalu berjamaah di masjid kecuali dalam safar ( perjalanan ). Berperang, sakit berat dan wafat. Rasulullah tidak peranah lepas dari beribadah di masjid ketikabeliau sakit menjelang akhir hayatnya, tatkala mendengar adzan Bilal, beliau berkata kepada “Sayyidah Aisyah” keheranan, seraya bertanya, “ bukankah ini rumah engkau wahai kekasih Allah..?.

Rasulullah menjawab, “ bukan, rumahku adalah masjid “. Pada kesempatan lain, beliau bersabda “ Seandainya umatku mengetahui keutamaan sholat berjamaah di masjid, merakak pun mereka ia jalankan untuk sholat ke masjid.

Sahabatku, pria muslim yang belum sholat jamaah di masjid, : Apa alsan kalin hinggabelum atau tidak berjamaah subuh di masjid..?. Sibuk..?, Malas..?, Duit..?, Susah..?, berapa lama kalian akan hidup di dunia ini mengapa urusan dunia lebih amat diperhatikan..?.

Kalau urusan bisnis, misalnya keluar kota tetap berangkap, tetapi mengapa ke masjid depan, anda berta kaki melangkahkan..?. Apa yang dicari..?. Bukankah kita semua sebentar lagi akan mati…?.

Jangan pernah terbuai dengan kehidupan yang penuh tipu daya ini..!
Simaklah kalam Allah ini, “ Ketahuilah, bahwa sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah permainan dan sesuatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah-megah antara kamu serta berbangga-baggaan tentang banyaknya harta dan anak, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani.

Kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning. Kemudian menjadi hancur, dan di akhirat (nanti) ada adzab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya.

Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu. ( QS. Al-Hadid:20). Jadilah kalian mujahid-mujahid subuh ditengah orang- sudah tidak peduli lagi masjid.

Inggat, adzan bukan panggilan muadzin, tetapi panggilan Allah. Ayo mulailah besok mengerjakan sholat subuh, sahabtku tercinta.

21 Alasan Kenapa Sholat Jamaah di Masjid

Subhanallah, inilah 21 alasan kenapa seorang hamba beriman mesti semangat dan selalu berjamaah di Masjid :
1.  Karena Iman, cinta, dan rindunya kepada Allah. Bukankah sang kekasih akan selalu senang berada di rumah kekasihnya: sebab Allah menyebut masjid sebagai rumah-Nya ( lihat QS. An-Nur : 36 ).

2.  Berjamaah di Masjid bukan hanya ibadh ritual Jamaah, tapi membentuk ikatan sosial, persaudaraan dan persatuan sesame mukmin. Rasulullah bersabda,” Setiap makhluk punya markas, dan markas hamba yang beriman adalah Masjid.


3.  Bukti keimanan kepada Allah. Allah pun menegaskan bahwa hanya hamba Allah yang benar imannya dan benar-benar beriman kepada Allah yang memakmurkan Masjidnya. “ Sesungguhnya hanya hamba Allah yang beriman kepada Allah dan hari Akhirat sajalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah. “ ( QS. At-Taubah:18)

4.  Lepas dari kemunafikkan ibadah, karena Rasulullah mengingatkan keberatan orang munafik berjamaah Isya’ dan Subuh di Masjid. Sahabat Nabi pun berkata, “ Kami tahu orang munafik karena mereka malas berjamaah Subuh di Masjid “.

5.  Kunci keberkahan, “ Baaronaa haulahu “ ( lihat QS.A-Isr’:1)Jangankan hamba yang beriman ke masjid, siapa pun dan apapun yang terdekat dan terkait dengan-Nya, insya Allah akan Allah berkahi , keluarganya, rezekinya dan semua kativitasnya.

6.  Meraih Do’a Rasulullah yang beliau ulang tiga kali “ Ya Allah berkahilah aktivitas umatku di waktu fajar “.

7.  Disaksikan para Malikat ( lihat QS.  AL-Isra’;78 )
8.  Rasulullah menjelaskan keutamaan 2 rakaat sunnah Fajar lebih baik dari dunia dengan seala isinya. Lantas, bagaimana dengan sholat fajar yang di tegakkan dengan berjamaah di Masjid..? Subhanallah.
9.  Rasulullah mengabarkan dengan kabar gembira bahwa mereka yang subuh-subuh gelap berjmaah di masjid akan dijamin meninggal terindah saat wafatnya. Subhanallah.


10.              Meraih sukses dunia akhirat. “ hayya’alal falaah “ ( marimerai kesuksesan ). Demikian doa kumandang Adzan.

11.              Setiap langkahnya adalah derajat, rahmat dan ampuanan dosa karena itu rasulullah mengulangi tiga kali. Sabdanya “Beruntung, beruntung, beruntung, “ Siapa mereka, ya Rasulullah ..? “. Tanya sahabat. Mereka rumahnya yang jauh dari masjid tetapi tetap berjamaah dimasjid.

12.              Kuburannya terang-benderang.

13.              Dibangkitkan dengan muka bercahaya pula. Rasulullah bersabda, “ Kabarkan berita gembira kepada mukmin pejalan kaki subuh gelap, kelak diakhirat dibangkitkan dengan muka bercahaya sempurna”.

14.              Melewati Shirath seperti kilat menyambar.

15.              Diantara tujuh golongan yang dilindungi Allahdi akhirat adalah, “ qalbuhu muallaqun bilmasaajidi “ hatinya senang sekali “terikat” dan berjamaah di masjid.

16.              Orang Yahudi paling takut akan kekuatan jamaah masjid.

17.              Rasulullah dan para sahabat tidak pernah meninggalkan sholat berjamaah di masjid kecuali sakit, safar, perang dan wafat.

18.              Sejarah mencatat ternyata infrastruktur keberkahan kota Madinah , politik , ekonomi, sosial, budaya, bahakn militernya bermuara dari masjid.

19.              Tradisi orang-orang shaleh.

20.              Saat kiamat, Allah menjadikan masjid sebagai kapal besar yang akan mencari para pemakmurnya.

21.              Setelah mengetahui sekian banyak keutamaan berjamaah di masjid pantaslah Rasulullah bersabda,” “ Merangkakpun , hamba beriman tetap akan tetap berjamaah di masjid "

Ayo sahabat shalehku , apalagi alasan kta..?. Menunggu Apalagi…?. Mulailah mengazamkan diri untuk berjamaah di masjid. Mumpung  masih ada sisa umur.

Ayo kita berjamaah di masjid mulai waktu Subuh sampai waktu sholat Isya’. Raihlah kemuliaan dan keberkahan hidup Dunia Akhirat Insya Allah Amiiin

Wallahu ‘alam Bhisawab
Share on :

No comments:

BUKIT SINAI, SAKSI KEKUFURAN BANI ISRAEL

BUKIT SINAI,   SAKSI KEKUFURAN BANI ISRAEL Dasbor Kisah Nabi" BUKIT SINAI, SAKSI KEKUFURAN BANI ISRAEL “Selaman...